Tingkatkan Kualitas Irigasi Persawahan, Melalui Program P3-TGAI Desa Tanjung Baru, Petani Harapkan Peningkatan Kualitas Ekonomi Masyarakat

 


BANYUASIN- Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan dana APBN diharapkan dapat mendukung program kedaulatan pangan dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah kecamatan Muara Padang tepatnya di desa Tanjung Baru dilaksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun 2024. 

Program diatas sangat diharapkan kaum petani setempat karena sangat bermanfaat untuk peningkatan produksi pangan guna meningkatkan hasil panen terutama padi di wilayah Desa Tanjung Baru ,“Kegiatan P3-TGAI, juga melibatkan masyarakat sekitar irigasi dalam arti tidak hanya perbaikan sisi infrastruktur tetapi juga memberdayakan masyarakat petani secara terencana dan sistematis.

Salah satunya program percepatan peningkatan tata guna air dilaksanakan di desa Tanjung Baru Kecamatan Muara Padang Kab. Banyuasin sehingga hasilnya dapat dirasakan para petani mulai dari pelaksanaannya yang melibatkan peran serta masyarakat dan transparansi serta akuntabel dalam realisasinya", ujar Ketua P3A Desa Tanjung Baru, Soleh. 

Ditambahkannya, terdapat 7 titik lokasi pembangunan pintu air, dan 7000 meter normalisasi tersier yang dikerjakan masyarakat petani. Harapan saya masyarakat yang menikmati manfaat bantuan dari Pemerintah, apresiasi kepada seluruh warga masyarakat yang ikut serta dalam proses pembangunan pekerjaan ini, serta menghimbau dijaga dan dirawat agar jaringan irigasi tersebut dapat bermanfaat sesuai yang kita harapkan bersama. 

Kepala Desa Sarkowi, saat di wawancarai, mengharapkan "dengan luas lebih dari 1275 ha,  area persawahan di Desa Tanjung baru serta didukung oleh air irigasi yang memadai semoga kita dapat berkontribusi dalam mewujudkan program ketahanan pangan yang telah dicanangkan Pemerintah, kami sangat bersyukur saya selaku Kepala desa mengapresiasi kinerja Ketua P3A , Sebagai pelaksana P3-TGAI, Makmur Barokah, dan seluruh jajaran kelompok petani agar selalu kompak dan mewujudkan cita cita petani,  

masyarakat yang menikmati manfaat program ini, ketersediaan air yang cukup bagi petani, selain itu dengan adanya program P3-TGAI, ini juga tercipta adanya pemberdayaan dan peningkatan kualitas maupun kuantitas produksi hasil pertanian". Tutupnya.

Liputan: Mulyadi