Program (P3-TGAI) Tingkatkan Kualitas Irigasi, Kuantitas Produksi Pertanian Desa Srikaton Meningkat

 

BANYUASIN – Demi mendukung program kedaulatan pangan Nasional, peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat, kegiatan Program Percepatan Peningkatan tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) sebagai kegiatan Padat karya pemerintah yang dalam hal ini Kementrian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII Provinsi Sumatera Selatan.

P3-TGAI merupakan pekerjaan pembangunan saluran irigasi tersier yang dikerjakan oleh petani atau penduduk setempat sehingga menambah penghasilan petani atau penduduk desa terutama di antara dua musim tanam dan panen.

Salah satunya Kegiatan P3-TGAI desa Srikaton Kecamatan Air Salek Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan, pembangunan pekerjaan tersebut meliputi kegiatan perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi, dan tentunya sebagai solusi peningkatan ekonomi masyarakat petani.

Ketua P3A Desa Srikaton, Haryono dalam pelaksanaan program (P3-TGAI) Desa Srikaton terdapat delapan titik, Gorong gorong  dan normalisasi tebasan 800 meter tersier,  harapan kami program ini dapat bermanfaat bagi petani pemakai air, salah satunya para petani di wilayah Desa Srikaton Kecamatan Air Salek yang pada tahun anggaran 2024 ini mendapatkan bantuan pembangunan Saluran Irigasi.

Melihat letak wilayah di Desa Srikaton tepatnya di Dusun III, dimana luas area sawah mencapai hampir ± 640 Ha produktif, yang artinya sawah tersebut di airi oleh air irigasi, dengan adanya program (P3-TGAI) ini banyak sekali manfaat yang di rasakan oleh para petani". Jelasnya.

“Harapan saya masyarakat yang menikmati manfaat bantuan secara langsung khususnya Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), turut serta dalam membantu pemerintah untuk melaksanakan kegiatan pengelolaan dan pemeliharaan jaringan irigasi, agar optimal serta meningkatkan produktivitas.” Ucap Kepala Desa Srikaton, Agung tri laksono pada saat meninjau hasil pekerjaan (P3-TGAI).

Dengan di bangunnya jaringan irigasi ini sangat membantu kebutuhan air bagi petani, ketersediaan air yang cukup bagi petani, selain itu dengan adanya program (P3-TGAI) ini juga tercipta adanya pemberdayaan dan peningkatan kualitas maupun kuantitas produksi hasil pertanian". Tandasnya.

Liputan: Mulyadi