Pemdes Upang Salurkan BLT Dana Desa Secara Door To Door : KPM Kategori Khusus

 

BANYUASIN - Pemerintah Desa Upang, kecamatan Air Salek, Kabupaten Banyuasin, Dengan Door To Door, melakukan kunjungan ke rumah warga penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2024 untuk menyalurkan bantuan selama 4 bulan Tahap Akhir (September Oktober November dan Desember ). Meskipun sebelumnya penyaluran BLT dilakukan di kantor desa  namun kali ini ada keadaan khusus yang memerlukan penyaluran langsung ke rumah warga, sehingga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapat kunjungan langsung dari pemerintah desa Upang untuk membagikan bantuan  BLT DD tahun 2024.Rabu(16/10/24).

Ketika beberapa warga yang menerima kunjungan tersebut  secara door-to-door ini menjadi bukti nyata tanggung jawab Pemerintah Desa Upang dalam memastikan bantuan sosial tepat sasaran dan diterima dengan tepat oleh masyarakat yang membutuhkan. Dengan pendekatan langsung ke rumah warga, diharapkan bantuan yang disalurkan dapat memberikan dampak yang nyata bagi keluarga penerima.

Dalam upaya menjaga keadilan dan kesetaraan, Pemerintah Desa Upang terus berkomitmen untuk memastikan bahwa bantuan sosial seperti BLT Dana Desa disalurkan secara transparan dan efisien. Dengan kolaborasi antara berbagai pihak terkait seperti Pendamping Desa, Ketua BPD, dan perangkat desa lainya proses penyaluran bantuan masyarakat dapat dilaksanakan dengan lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan riil masyarakat.

Pembagian BLT DD Tahun 2024, di serahkan langsung kepala desa Upang, H, Zawawi S Pd, dan perangkat desa serta pendampingan desa, seperti ketua BPD, pendamping desa, dan  tokoh masyarakat.

Kepala desa Upang, H Zawawi S Pd, Mengatakan kepada awak media, pembagian BLT DD ini kita lakukan secara door to door, kita bagikan 4 bulan sekaligus, terhitung dari bulan September Oktober November dan Desember Tahun 2024, sebanyak 57 KPM , ia menambahkan bahwa program bantuan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) adalah program percepatan kemiskinan bagi masyarakat yang ada di desa,ucapnya.

Masi kata kades, berpesan supaya uang bantuan ini di gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, jangan di gunakan untuk membeli hal-hal yang tidak penting. “Pergunakan uang bantuan ini untuk kebutuhan pokok sehari-hari, seperti membeli beras, lauk pauk dan jangan di gunakan membeli barang yang tidak penting”, pesannya.

Adapun Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) 20224 ini di salurkan kepada 57 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan rincian tiga ratus ribu rupiah per bulan, ,untuk penyaluran periode ini di salurkan empat tahap sekaligus yaitu sebesar Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah untuk satu KPM.tuturnya.

Liputan: Mulyadi