P3A Bintaran Makmur Baru Desa Bintaran Kerjakan Peningkatan Jaringan Irigasi Capai 90 Persen

BANYUASIN – Program percepatan peningkatan Tata guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan kegiatan padat karya Tunai yang di laksanakan secara swakelola oleh masyarakat, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan air irigasi guna mendukung ketahanan pangan nasional dan mendukung aktivitas perekonomian serta mendorong pemerataan pembangunan ni.

Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Sumber Rejeki dan dua kelompok lainnya, Desa Bintaran, Kecamatan air salek, Kabupaten Banyuasin, merealisasi anggaran senilai Rp.195.000.000 yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2024 untuk peningkatan jaringan irigasi, Sabtu (05/10/24).

Program percepatan peningkatan Tata guna Air Irigasi ( P3-TGAI ) Di desa bintaran Gorong gorong yang berada di dusun 1 dan 2, adapun normalisasi juga di dusun 4 dan 5, desa bintaran pekerjaan, nampak material seperti batu, pasir, semen dan peralatan serta perlengkapan kerja. Sejumlah pekerja dilokasi pun terlihat sibuk sesuai keahlian pekerjaan masing-masing. Sebagian pekerja terlihat mengangkut material batu dengan angkon dari jalan menuju ke lokasi pekerjaan. Sebagian pekerja lainnya pun yang berada di samping jalan ada yang sibuk mengolah adukan material. Ada pula pekerja yang sibuk memasang batu bata pada bagian samping Kanan dan Kiri irigasi, dan pekerjaan (P3-TGAI) sudah capai 90 persen di kerjakan.

Ketua pengurus P3A desa Bintaran, Sudir Saat di konfirmasi awak media ia mengatakan bahwa pekerjaan peningkatan jaringan irigasi (P3-TGAI) sudah 90 persen pekerjaanya, untuk gorong gorong ada 5 titik itu berada di dusun 1 dan 2, sedangkan normalisasi ada 4 titik dengan panjang 900 meter, pertitik nya, jadi untuk 4 titik normalisasi semuanya panjang 3,600 meter, yang berada di 4 dusun di wilayah Desa Bintaran, Ucapnya.

Masi kata Sudir  pihaknya berharap di tahun berikutnya pun mendapatkan kembali program bantuan dari pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Tuturnya.

"Semoga peningkatan jaringan irigasi yang saat ini dikerjakan, selesainya nanti dapat bermanfaat bagi para Petani di Desa Bintaran Dan, semoga program ini berkelanjutan," kata Sudir seraya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, tutupnya.
Liputan : Mulyadi