Klinik Pratama Tungga Dewi Lakukan Kegiatan Sosialisasi Dan Pemeriksaan Kanker Leher Rahim

 

BANYUASIN - Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin UPTD Puskesmas Srikaton Kec. Air Salek bekerjasama dengan Klinik Tunggadewi lakukan kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan kanker leher rahim metode DNA HVP, Rabu 16 Oktober 2024 di Klinik Pratama Tungga Dewi, desa saleh mukti, kecamatan Air Salek, Kabupaten Banyuasin.

Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu warga desa Saleh Mukti dan desa lainya dengan jumlah kurang lebih 50  orang.  

Dalam Kegiatan ini Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin UPTD Puskesmas Srikaton juga mendapat kesempatan untuk mengadakan screening Penyakit Tidak menular dengan melakukan pengukuran TB, BB, Tensi Darah serta pemeriksaan Gula Darah dan Cholesterol.

Bekerjasama dengan bkkbn melakukan KB gratis 

Selain itu Dinas Kesehatan juga melakukan penyuluhan mengenai Bahaya dari Kanker Serviks dan Kanker Payudara kepada Ibu-ibu masyarakat desa, Saleh Mukti,  serta kader kesehatan desa. Penyuluhan dan sosialisasi disampaikan oleh dr Wahyu Setiawan,  Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.  Jadi pasien diperiksa, diraba untuk dilihat apakah ada benjolan atau tidak."

Acara ini juga di hadiri Camat Air Salek, Mulyadi S Sos, M, Si, Kasi PPD, Khabib, Staf kecamatan Air Salek, Petugas /Tim Iva yang hadir pemeriksaan iva yang metode HPV,DNA.

dr Wahyu Setiawan, pemateri penyuluhan kanker serviks , Susanti SST,M.Si (PJ Promkes), Wiwin Suprihatin SST, (PJ,IVA),Lutfiah Septarina A,Mak, (PJ Laboratorium), Agus Susilawati AM,KEb Tim Iva, Ike Andriani SST , Tim Iva, Tri Eva Widayanti S,Keb Tim KB, Siti Wahyuti, AM,Keb, Tim KB, Bunga Ranti SKM, dan Nona Noviani AM, Kep,

Ibu Wiwin suprihatin SST selaku PJ IVA mengucapkan terimakasih 

Kepada Ibu Susanti SST, M,Si ,owner Klinik Pratama Tungga Dewi, Saat Di Wawancarai Mengucapkan, Terima kasih atas Support dan Kerjasamanya dalam kegiatan pemeriksaan Iva tes dgn  metode HPV DNA co Testing dengan sasaran warga di kecamatan air salek, Sebanyak 700 target  ,ucapnya.

semoga kerjasama ini dapat membantu mencapai sasaran tersebut dan kegiatan ini membawa kebaikan dengan menurunkan kasus kanker leher rahim khususnya di wilayah kecamatan Air Salek ini, tutupnya.

Liputan: Mulyadi