KASI PMD ALI SUHRO BUKA ACARA REMBUK STUNTING DI TIGA DESA DI WILAYAH KECAMATAN SUNGAI ROTAN

MUARA ENIM - Kasi PMD Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim, Ali Sujono,S. Sos,buka acara Rembuk Stunting Dalam Rangka pelaksanaan percepatan dan pencegahan Stunting di tiga Desa Wilayah Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim, Melaksanakan Kegiatan Rembuk Stunting Desa Tahun 2024 bertempat di Balai  Desa Muara Lematang, 07 Oktober 2024.

Ali Suhro,S. Sos dalam sambutanya menyampaikan, arti dari rembuk Stunting, artinya kita  berkoordinasi berembuk untuk mengatasi stunting, dalam hal ini pemerintah membuat peraturan agar di setiap desa melakukan rembuk Stunting, 
kami berharap peserta hari ini Agar bisa menyimak apa yang di sampaikan oleh para Nara sumber nantinya, serta bisa di realisasikan di desanya masing-masing, juga menyampaikan permohonan maaf atas nama camat sungai rotan yang seyogyanya beliau hadir pada hari ini , namun beliau tidak bisa hadir pada acara ini , karna ada acara di Gelumbang ,

Sementara itu di tempat yang sama tenaga ahli gizi dari puskesmas Sukarami Asnara AMG menyampaikan terkait stunting, Stunting adalah kekurangan gizi nah hal ini bisa di cegah mulai dari ibu hamil hingga masa kelahiran,ibu hamil  harus rutin konsumsi vitamin tambah darah,

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko anak mengalami stunting sejak masa kehamilan,
Ini merupakan salah satu hal yang penting dilakukan guna mencegah stunting pada anak. Agar proses tumbuh kembang anak bisa berjalan dengan optimal, ia perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup di 1000 hari pertama kehidupannya, yakni sejak masih menjadi janin hingga usia sekitar 2 tahun.

Selama hamil, pastikan Bumil mengonsumsi cukup makronutrien, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Selain itu, Bumil juga perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya vitamin dan mineral, yakni zat besi, asam folat, kolin, magnesium, yodium, zinc, vitamin A, vitamin B, dan vitamin D.

Untuk mencukupi asupan nutrisi di atas guna mencegah stunting pada anak, Bumil perlu mengonsumsi beragam jenis makan sehat bergizi seimbang, seperti ikan, telur, daging, seafood, kacang, biji-bijian, susu, keju, yoghurt, serta aneka buah dan sayuran.

Kegiatan ini dihadiri oleh kasi PMD kecamatan sungai Rotan berserta stafnya Kecamatan, Pendamping Desa, tenaga ahli gizi dari puskesmas Sukarami, Perangkat Desa, BPD dan Anggota, Ketua TP.PKK ,Bidan Desa, BKKBN, KPM, Kader Posyandu dan Pendamping Desa serta Ibu Hamil dan Menyusui. Dari tiga desa yaitu Desa muara Lematang, tanding Marga , Sukamerindu..

Rembuk stunting ini merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2025, juga menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2024 untuk pencegahan dan penanganan stunting.
Program ini harus dilaksanakan secara terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor,mengingat urgensi persoalan stunting ini, maka diwajibkan Bagi Desa menuangkan dalam RKP Desa dan APBDes untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan stunting.Langkah ini diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah desa dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak,Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Liputan : Umar Dani