PEMANFAATAN PELATIHAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DANA DESA TAHUN 2024

BANYUASIN - Pemerintah desa ( pemdes) Upang Marga, kecamatan air salek, kabupaten Banyuasin, gelar pelatihan teknologi tepat guna Dana desa tahun 2024, acara ini di lakukan di balai pertemuan desa Upang Marga, kamis,(05/09/24).

Pengembangan dan pemanfaatan tekhnologi tepat guna sangat penting untuk meningkatkan daya saing dan mewujudkan kemandirian desa. Penggunaan produk inovasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Untuk mempercepat kemajuan ekonomi masyarakat dalam menghadapi persaingan global, salah satu strateginya adalah dengan melakukan percepatan pembangunan melalui upaya pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang melalui implementasi teknologi tepat guna. Secara teknis teknologi tepat guna merupakan kolaborasi antara teknologi tradisional dengan teknologi maju. Di era digital sekarang ini, dibutuhkan kolaborasi semua aspek sumber daya yaitu alam, manusia, teknologi dan sosial yang dimiliki suatu daerah.

Sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat desa Upang Marga, kecamatan air salek, melaksanakan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna  Dalam pelatihan ini menghadirkan narasumber  dan diikuti  peserta pelatihan dari pelaksana UMKM Desa serta ibu ibu, 

Acara ini turut di hadiri camat Air Salek, Mulyadi S Sos., M, Si, Kepala desa Upang Marga, Syaiful lizan S IP., M, Si, ketua tp PKK desa Upang Marga, dan ibu ibu peserta UMKM, pelatihan teknologi tepat guna.

Syaiful lizan S IP., M, Si, kepala desa Upang Marga, kepada awak media mengatakan, Diharapkan dengan adanya Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG) ini , pelaku UMKM memiliki strategi sukses dalam bisnis sehingga  dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu, dan mendorong usaha ekonomi produktif yang efisien dan efektif. Pelatihan ini dapat menggali potensi di desa sehingga dapat meningkatkan pendapatan khususnya masyarakat desa. Setiap UMKM diharapkan telah memiliki brand sendiri dan memanfaatkan teknologi  dengan menggunakan sosial media untuk memperkenalkan bahkan menjual produknya, ucapnya.

Pelatihan Teknologi tepat guna ini pembuatan pempek yg memiliki nilai gizi yang cukup dan berkualitas baik dan tidak kalah bersaing dari segi Rasa maupun kwalitas dengan Toko-toko Pempek yang ada di Kota Palembang 

Harapan nya semoga dengan di adakan nya pelatihan ini bisa meningkatkan wawasan serta pengetahuan yg gunanya nanti bisa menambah pemasukan  dalam hal perekonomian buat keluarga maupun kelompok,Tandasnya.

Di tempat Yang Sama Camat Air Salek , Mulyadi S, Sos,. M Si, dalam arahannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa Upang Marga, dengan memberikan pelatihan kepada kelompok masyarakat seperti ini diyakini akan memberikan dampak yang positif bagi warga untuk membuka peluang usaha secara mandiri.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, saya yakin dengan cara memberikan edukasi dengan cara langsung praktek akan berdampak positif bagi masyarakat dan kedepan menjadikan kemandirian pendapatan keluarga mengingat Desa Upang Marga salah satu rujukan kita disini untuk membeli pempek dan sejenisnya" ujar Camat.

Lebih lanjut Camat Air Salek meminta kepada peserta untuk fokus belajar, Camat memberikan tantangan agar peserta yang dilatih hari ini kedepan mampu memenuhi permintaan konsumen dari luar desa Upang Marga,tutupnya.
Liputan : Mulyadi