Kepala Desa Banuayu Rasuti Alamsyah turun langsung periksa pekerjaan jalan usaha tani di kampung 5

MUARA ENIM - Kepala Desa Banuayu  Rasuti Alamsyah turun langsung periksa pekerjaan jalan usaha tani di kampung 5 Desa Banuayu Kecamatan empat petulai Dangku Kabupaten Muara Enim, yang di alokasikan dari dana ketahanan pangan, sepanjang 153 meter  tahun anggaran 2024 sebesar Rp 76,600,000 (tujuh puluh enam juta enam ratus ribu rupiah) Selasa 17/09/2024

Program Ketahanan Pangan merupakan salah satu prioritas dalam penggunaan dana desa (DD). Alokasi dana untuk program ini, minimal sebesar 20 persen dari dana desa yang diterima. Kegiatan yang termasuk program ketahanan pangan meliputi seluruh kegiatan sub bidang pertanian dan peternakan, kegiatan pemeliharaan, pembangunan, rehabilitasi, peningkatan atau pengerasan jalan usaha tani.

Sebagai upaya mendukung dan memperkuat ketahanan pangan, Pemerintah Desa Banuayu Kecamatan Empat Petulai Dangku,, telah membangun jalan usaha tani (JUT), yang berlokasi di, Dusun 5  desa Banuayu 
Jalan usaha tani dengan panjang 153 Meter dibangun menggunakan anggaran dana desa dengan sistem pengerjaan swakelola.

Kepala Desa Rasuti Alamsyah melalui Kasi Pemerintahan desa, saat diwawancarai  Media ini mengatakan, pembangunan JUT tersebut bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas petani dalam mengangkut hasil pertanian serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

“Alhamdulillah, pembangunan jalan usaha tani ini untuk tahap pertama hampir selesai dikerjakan. Kami pihak Pemdes Banuayu dan masyarakat memandang pembangunan JUT ini sangat penting karena untuk mempermudah transportasi saat mengangkut hasil pertanian seperti, sayuran,padi  karet, dan hasil pertanian lainnya dari lahan pertanian ke pusat distribusi atau pasar,” ujar Kasi Pemerintahan desa Perlin Hadi.

Lebih lanjut Perlin mengatakan, pembangunan JUT tanah ini,, sudah kita bangun dengan sistem rabat beton, disesuaikan dengan kemampuan anggaran.
“Semoga, dengan dibangunnya JUT ini bisa memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Desa Banuayu, terutama dalam mendukung kegiatan ekonomi lokal dan ketahanan pangan di desa kami,” pungkasnya.