Tradisi "Malam Tirakatan Bersholawat Puncak HUT RI ke 79, Tahun 2024, Tumbuh Dan Bangkit Bersama Menuju Saleh Agung Maju Dan Hebat

BANYUASIN - Acara malam pitulasan atau yang biasa disebut “tirakatan” telah menjadi tradisi yang secara rutin telah digelar oleh pemdes Saleh agung, Kecamatan Air Salek, Kabupaten Banyuasin,  Malam tirakatan ini digelar di berbagai daerah guna memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia Yang ke 79, yang di laksanakan di lapangan kantor desa Saleh agung, sejak sehabis Isya pada Sabtu (17/8/ 24) malam.
Para pemdes desa ,  warga mulai dari anak-anak hingga orang tua ramai-ramai berkumpul di lapangan kantor desa saleh agung, Dengan bersholawat dan berdoa untuk memeriahkan acara HUT Kemerdekaan RI yang ke 79.

pembawa acara membuka acara malam tirakatan. Lagu Indonesia Raya pun dikumandangkan oleh semua warga yang hadir untuk menambah semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan warga. Dan membacakan sambutan dari kepemerintahan Desa Saleh Agung , Agus Haryoko Selaku Kepala Desa Saleh Agung,  “Mari junjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, semangat pesatuan dan kesatuan, dan gotong royong untuk mewujudkan desa saleh agung, tumbuh Dan bangkit bersama menuju Saleh Agung Maju dan hebat, dan Indonesia yang wasis (berpendidikan), waras (sehat), wareg (cukup pangan), mapan dan papan (tempat tinggal),” ujar kades dalam sambutan pada malam tirakan, Disebutkan juga dalam sambutannya, bahwa pentingnya sebagai warga negara untuk senantiasa mengingat jasa para pahlawan Indonesia yang telah berkorban mati-matian demi kemerdekaan bangsa dan negara. Dan mengajak untuk terus membangun Desa Saleh Agung yang kita banggakan, serta kemajuan Indonesia bersama-sama. 

Kepala desa saleh agung, Agus Haryoko, malam tirakan HUT RI ke 79 tahun 2024, dengan bersholawat dan berdoa, mengenang para Pahlawan yang gugur dalam pertempuran. Ia juga menegaskan pentingnya menjaga kerukunan sesama tetangga untuk turut serta menciptakan kerukunan masyarakat desa saleh agung,.

Menurutnya, jika kerukunan antar tetangga saja belum bisa dibangun apalagi mau menciptakan kerukunan yang lebih besar lagi. “Seberapa tinggi jabatannya, seberapa tinggi pendidikannya, seberapa kaya hartanya, yang akan dilihat adalah hubungan kepada tetangganya,” pungkas kades. 

Acara pada malam hari ini ditutup dengan doa, dan bersholawat, malam tirakan HUT RI ke 79 tahun 2024, di hadiri kepala desa saleh agung, Agus Haryoko, ibu PKK, Ketua BPD, jajaran perangkat desa, Babinsa Air Salek, bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, karang taruna, RT/RW, dan masyarakat desa saleh agung.
Liputan : Mulyadi