Tak Puas Dengan Pengerjaan Jalan Setapak Warga Minta Dinas Terkait Turun Kelokasi

MUARA ENIM - Pembangunan Proyek jalan setapak beton di Desa Danau Baru Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim sudah mengalami kerusakan. Jumat (09/08).

Proyek yang bersumber dari dana APBD Muara Enim tahun 2023 dinas Perkim disinyalir tidak berkualitas dan diduga dikerjakan asal -asalan.

Pantauan di lapangan, Pembangunan proyek Jalan Setapak kondisinya sudah rusak, cor beton mengalami  rusak sudah bermunculan batu kerikil Kondisi tersebut menguatkan rendahnya mutu dan kualitas pekerjaan pada proyek yang dikerjakan oleh pihak rekanan yang diduga tidak profesional dan pekerjaan tersebut terkesan mengedepankan keuntungan ketimbang kwalitas pekerjaan serta untuk mengambil laba yang tinggi.

Menurut keterangan Samsul Bahri warga  dusun 1 desa danau baru, dari awal pekerjaan sudah terlihat jika pihak kontraktor tidak serius dalam pelaksanaan pekerjaan jalan lingkar desa dari papan proyek/ informasi tidak ada.

” Secara kasat mata terlihat, saat masa pekerjaan cor beton tersebut asal – asalan, lihat sendiri kondisinya saat ini baru 3 bulan sudah nampak hasilnya"Ujar Samsul.

Akibat Buruknya kwalitas perkejaan proyek tersebut, Masyarakat setempat pun berharap pemerintah melalui dinas terkait segera lakukan kroscek kelapangan dan mengerjakan ulang jika memang ditemukan tidak sesuai dengan SPEK Pekerjaanya.

” Kontraktor harus bertanggung jawab, karena kondisi jalan yang dibangun ditempat kami ini , padahal baru beberapa bulan selesai di kerjakan, ” Pungkasnya.

Ditambahnya lagi,Khusus kepada Pj Bupati untuk memperhatikan kinerja para pembantunya yang asal tanda tangani kegiatan yang diduga belum tentu sesuai dengan spesifikasi pekerjaan,dan kepada Pengawas dan konsultan untuk segera turun kelapangan guna meninjau dugaan pekerjaan proyek pembangunan jalan setapak tersebut.”Tegasnya.

Kepala Desa Danau Baru Saat konfirmasi Tobri membenarkan keluhan masyarakat nya terkait jalan yang diduga  di kerjakan tidak sesuai spesifikasi,"ujar Kades Tobri.

Sampai berita ini diterbitkan awak media tidak bisa mengkonfirmasi kontraktor pelaksana yang mengerjakan Jalan Setapak tersebut dikarenakan tidak ada papan proyek warga di sekitar pun menyebutkan pada saat pengerjaannya tidak ada papan proyek.

Liputan : Umar Dani