PEMRINTAH DESA DANAU RATA MENYAMBUT BAIK KEDATANGAN INSPEKTORAT DALAM RANGKA PEMERIKSAAN REGULER

MUARA ENIM - Inspektorat Kabupaten Muara Enim melakukan pemeriksaan reguler kepada Pemerintahan Desa Danau Rata Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim, kedatangan rombongan inspektorat ini di sambut langsung oleh kepala Desa Danau Rata Rusdi,S.Pd .M. Si,beserta perangkat desa dan juga BPD, pemeriksaan ini adalah tugas rutin tahunan di setiap Desa,terkait administrasi Dana Desa, Alokasi Dana Desa, dan bantuan Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2023. Ada beberapa hal yang menjadi titik pemeriksaan, Selasa 27 Agustus 2024
Pemeriksaan reguler ini antara lain yaitu :
administrasi dan pemeriksaan langsung di lapangan. ada beberapa titik lokasi bangunan yang menjadi pemeriksaan, yaitu pembangunan jalan rabat beton RT 01/01-RT 09/ 03, dan Drainase RT 06/ 02 anggaran Dana Desa. 

Di harapkan dengan adanya ;pemeriksaan reguler ini, Pemerintah Desa menjadi lebih disiplin dalam melakukan pembangunan dan pengadministrasian sehingga pengelolaan keuangan desa menjadi lebih baik.Dari pemeriksaan tersebut untuk sementara ini  hasilnya sudah bagus, baik itu pembangunan infrastruktur maupun administrasinya.

Adapun rujukan aturannya adalah berdasarkan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 8 tahun 2009 tentang perubahan atas peraturan Menteri dalam Negeri nomor 23 Tahun 2007 tentang pedoman Tata Cara Pengawasan atas penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Pemeriksaan ini melibatkan semua unsur baik Pimpinan, Auditor, dan PPUPD Inspektorat Kabupaten Muara Enim sebagai APIP serta seluruh Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Muara Enim sebagai Auditee.
Untuk itu kata Inspektur, “kami berharap agar para obrik yang diperiksa untuk pro aktif dan selalu menyiapkan dokumen yang di minta, guna memperlancar proses pemeriksaan.”
“Jadi, untuk kita ketahui bahwa, Pemeriksaan ini merupakan penyesuaian dengan aturan yang berlaku, serta memberikan pembinaan dan pengawasan pada objek pemeriksaan yang di periksa.” jelasnya.

Terkait pemeriksaan reguler ini Kepala Desa Danau Rata Rusdi, S. Pd.M.Si, menyampaikan saya selaku kepala desa mengucapkan terimakasih serta afresiasi setinggi-tingginya kepada tim Inspektorat yang sudah melakukan tugasnya, setidaknya kita bisa mendapatkan pembinaan agar kinerja kita bisa semakin baik, karna semua yang di periksa kita sudah jalankan sesuai aturan jadi yah kita welcome, justru kita sangat senang berarti kita diperhatikan oleh Pemda muara Enim, Alhamdulillah dalam pemaksaan ini tidak ada temuan, karna semua yang kita kerjakan sudah sesuai aturan," tutup Rusdi.

Tampak oleh awak media kedatangan Tim inspektorat ini di dampingi dari staf PMD kecamatan Sungai Rotan Gunaria, S.sos, pendamping desa Ahmad kaswandi, SE & Puspita, ST.juga seluruh perangkat desa  Danau Rata & BPD,

Liputan : Umar Dani