Kepala Desa Upang Terima Kunjungan Sekolah SMPN 3 Air Salek P5 Tema Suara Demokrasi

BANYUASIN - Pemerintah Desa Upang, Terima Kunjungan Sekolah SMPN 3 Air Salek,  acara p5 dengan tema demokrasi kepala desa Upang H, Zawawi s pd Menjadi Nara sumber , Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitas untuk memperkuat berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila, acara di gelar di Angkringan Ahad dusun 1 Desa upang Selasa (27/08/24).

Acara ini di hadiri kepala desa Upang, H Zawawi S Pd, kepala Sekolah, dewan guru, dan siswa siswi SMPN 3 Air Salek.

P5 nerupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk mendorong upaya desakan kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan P5 dilakukan secara fleksibel dari segi muatan,kegiatan dan waktu pelaksanaan.

Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) SMP Negeri 3 Air Salek, pada tahun pelajaran 2023/2024 melaksanakan kegiatan P5 dengan mengambil tema Suara Demokrasi.

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka secara langsung atau memalui perwakilan. Demokrasi Pancasila bertujuan untuk mengutamakan keselarana,keseimbangan dan keselamatan bangsa di atas kepentingan pribadi maupun golongan. Hak untuk mengeluarkann pendapat harus dilakukan dengan mengindahkan norma social dan hokum yang berlaku. Hak berpendapat selalu diiringi dengan kewajiban menghargai pendapat orang lain, karena pada dasarnya setiap kebebasan yang dimiliki selalu dibatasi oleh hak dan kewajiban orang lain. Terdapat aturan atau etika yang harus dipatuhi saat kita menjalankan hak berdemokrasi atau berpendapata baik secara virtualmaupun dunia nyata.

Kepala desa Upang H Zawawi S Pd,  menjadi Nara sumber, ia Berharap kita agar kedepannya generasi penerus bisa memahami dan memaknai arti dari demokrasi, tutur nya.
Liputan : Mulyadi