Kepala Desa (Kades ) Jaga Tradisi Budaya Potong Rambut / Aqiqahan 40 Hari Lahirnya Bayi

BANYUASIN UPANG MARGA - Acara 40 hari lahirnya bayi menjadi tradisi masyarakat,  salah satunya Putri Syafhana Azzahra Wiguna,  anak Pertama dari pasangan Syanisha Andini & Ananda Putra Wiguna,  Cucu  Syaiful lizan S,  IP.,  M Si, Kepala Desa (Kades)  Upang Marga, Kecamatan Air Salek, Kabupaten Banyuasin,  tetap menjaga tradisi budaya melakukan adat syukuran / Aqiqahan potong rambut, Sabtu (24/08/24).
Acara potong rambut 40 hari lahirnya, dihadiri kepala desa Upang Makmur, Adik dari Syaiful lizan S IP M Si, Syamsul Bahri, beserta istri , jajaran perangkat desa, ibu ibu pengajian ,ibu PKK, ketua BPD, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat, dan undangan masyarakat setempat.

“Saya sangat bersyukur cucu  kami lahir perempuan dengan selamat, karena ini anugrah allah yang telah diberikan kepada kami, ”Menurutnya, Syukuran 40 hari ini, memang menjadi budaya yang harus dilaksakan, Akar rambut terbentuk sejak janin berusia sekitar 8 minggu dan terus berkembang hingga lahir. Ucap kades.

Meski tak bisa digeneralisasi, rambut bawaan ini biasanya sangat tipis. Sejak minggu-minggu pertama kelahirannya hingga 12 minggu kemudian biasanya rambut halus ini akan rontok dengan sendirinya.

Kendati demikian, ada juga yang kerontokannya sangat sedikit, seakan-akan tidak berkurang sama sekali.

“Mencukur rambut bayi saat genap berusia 40 hari memang tidak ada pertimbangan medisnya. Jadi, sekedar meneruskan tradisi.

Ini, cukup beralasan. Saat bayi berumur 40 hari umumnya kondisi ibu sudah pulih seusai melewati proses persalinan yang sangat melelahkan secara fisik dan psikis. Bayi pun sudah cukup “kuat” dan siap bertemu banyak orang,” ungkapnya.

Kepala desa  dua pereode ini berterimakasih kepada famili, saudara dan masyarakat yang telah ikut serta mendoakan 40 hari cucu nya, yang pertama.

“Ini sangat membahagiakan kami sekeluarga dikaruniai cucu  pertama dan kehadiran masyarakat ikut mendoakan masih peduli dan antosias menghargai kami sebagai kades,” tandasnya.
Liputan : Mulyadi