Kapolres Banyuasin Hadiri Rakor Persiapan Pelaksanaan Pilkada 2024

BANYUASIN - Kapolres Banyuasin AKBP Ruri Prastowo SH SIK MIK menghadiri rapat koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan Pilkada 2024 bersama KPU, Bawaslu, Polres Banyuasin. Rakor dipimpin oleh Pj Bupati Banyuasin Muhammad Farid S.STP MSi.
Hadir Sekda Banyuasin Ir Erwin Ibrahim ST MM MBA Ipu Asean Eng. Juga termasuk turut hadir Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah (KPD), hingga Camat se-Kabupaten Banyuasin, yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Banyuasin, Kamis (15/8) kemarin.

Kapolres Banyuasin AKBP Ruri Prastowo SH SIK MIK saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa Rakor bersama Forkopimda, Kpu dan Bawaslu  dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Banyuasin.
 
"Kami berharap pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Banyuasin memperlihatkan semangat kolaboratif, semangat persatuan yang dibutuhkan untuk perubahan yang positif untuk Kabupaten Banyuasin," ungkap Kapolres Ruri.

a menyampaikan bahwa Pelaksanaan pilkada yang dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 sesungguhnya merupakan konsekuensi yang diambil dari konsitusi sehingga penyelenggara Pilkada diharapkan dapat menjalankan tugas dengan penuh integritas netralitas dan profesionalisme.

Selanjutnya, Kapolres Ruri memaparkan bahwa proses Pemilukada sudah berlangsung dari tahap sosialisasi hingga nanti puncaknya yakni pelaksanaan pemungutan suara. 

"Kita akan melakukan pemungutan suara secara langsung, kami dari Polres Banyuasin dan Polsek jajaran siap memberikan pengaman pada Pilkada ini juga kami harapkan kepada KPU dan Bawaslu untuk selalu berkoordinasi dengan Polres Banyuasin," ungkap Ruri.

Kapolres Ruri menuturkan, bahwa kontestasi nasional akan berpengaruh sampai ke daerah, namun konteks dan konten berbeda."Kondisi Pileg dan pilpres akan berbeda dengan pelaksanaan pilkada, konsekuensi kita harus memiliki calon yang kita kenal," Lanjut Ruri.

Ia mengingatkan akan pentingnya memastikan keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada, bersama-sama menjaga agar pelaksanaan Pilkada berjalan dalam suasana yang kondusif dan aman.

Ia juga menjelaskan momentum rakor ini untuk menguatkan langkah langkah strategis yang diambil sehingga pilkada berjalan lancar, aman dan sukses. Sesuai dengan langkah strategis apa yang diambil oleh TNI polri dan kejaksaan.

Ruri juga berharap dengan kehadiran unsur Forkopimda dan Forkopimcam
ini akan memudahkan konsolidasi yang dibangun guna mensiasati potensi konflik yang muncul. Untuk melihat situasi di lapangan agar bisa menjaga kondusifitas Stabilitas politik.

Kapolres Ruri mengungkapkan mengapa harus dipersiapkan langkah strategis dari sejak awal, agar potensi konflik benar dapat disiasati sedari awal. Tidak hanya itu, Ruri juga mengungkapkan bahwa success story penyelenggaraan pilpres dan pileg harus dipertahankan pada pelaksanaan pilkada tahun 2024.

Ia juga menekankan bahwa Kita bisa memetakan langkah strategis setalah narasumber memberikan informasi terkait pengamanan kondisi politik. Dirinya berharap komunikasi koordinasi itu yang intensif harus tetap kita lakukan.

Selanjutnya, ia mengingatkan kepada para ASN Kabupaten Banyuasin untuk mampu menjaga netralitas demi mewujudkan kondusifitas yang ada di Kabupaten Banyuasin masalah netralitas ASN ini bisa dipertahankan.

Ia juga mengimbau kepada semua pihak khususnya KPU dan Bawaslu untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah daerah dan Pihak kepolisian meskipun pihaknya bukan penyelenggara di tataran teknis terkait pilkada.

"Tetapi kordinasi harus tuntas sampai sukses, karena komunikasi bukan berarti intervensi. Jadi saya mengajak seluruh pihak terkait agar bersama-sama mengawal kondusifitas pilkada agar sukses berjalan aman dan lancar," pungkas Ruri.

Terpisah, Pj Bupati Banyuasin Muhammad Farid S.STP MSi mengatakan rapat koordinasi ini dilakukan untuk memastikan jalannya Pilkada berjalan dengan aman, damai, dan kondusif yang akan berlangsung pada 27 November 2024.

Dijelaskan Muhammad Farid, bahwa Pemerintah Kabupaten Banyuasin akan men-support penuh KPU dan Bawaslu Banyuasin dalam mensukseskan Pilkada lima tahunan ini.

"Mari kita kawal bersama Pilkada agar berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan. Semoga masyarakat Banyuasin dapat berpartisipasi aktif dalam pemilu dan menggunakan hak pilihnya dengan bijak,” ucap Muhammad Farid.

Hingga saat ini, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan pihak penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu Banyuasin dalam mempersiapkan proses berjalannya tahapan Pilkada.

Lebih lanjut dirinya menegaskan untuk seluruh Camat, Kades, Lurah harus siap mensukseskan Pilkada 2024 sebagai bentuk dukungan kesiapan untuk tetap berada ditempat agar tidak kemana-mana sebelum, saat, dan setelah pemilu berlangsung nantinya.

Suksesnya Pilkada tidak terlepas dari tanggung jawab kita semua dan seluruh elemen masyarakat agar bisa berpartisipasi. Mari bangun komunikasi dan koordinasi dengan baik guna mewujudkan pemilu langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Untuk itu perlu upaya serta kerja keras semua pihak agar meminimalisir persoalan yang bakal terjadi. Keberhasilan Pilkada 2024 merupakan tugas kita bersama,” pungkas dia.
Liputan : Mulyadi