Disiplin Modal untuk Bentuk Karakter Paskibra Gelumbang

MUARA ENIM - Disiplin merupakan salah satu modal untuk membentuk karakter anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Selain itu diperlukan sikap bertanggung jawab, keberanian, kesopanan, kepedulian dan hidup rukun. Hal tersebut dapat dicapai salah satunya dengan latihan secara rutin. Senin (05/08).

Demikian disampaikan Pelatih Serda Manurung. Untuk menunjang latihan tersebut, Paskibra Kecamatan Gelumbang dilatih dari unsur TNI yang berasal dari Koramil Gelumbang sejumlah 3 Anggota, Polsek Gelumbang 2 Anggota dan didampingi tenaga kesehatan dari Puskesmas Gelumbang.

Serda Manurung. menyatakan bahwa paskibra melalui kegiatan latihan baris-berbaris secara langsung akan membentuk karakter kebangsaan. Baik  sikap nasionalis, patriotisme, kekeluargaan, kebiasaan-kebiasaan yang baik, kecerdasan, prinsip, daya tahan akan pengaruh negative, ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan paskibra juga ditanamkan sikap untuk saling menghormati, terlebih terhadap yang lebih tua (senior) dengan sikap yang tepat dan sesuai dengan nilai serta norma. Disamping itu kegiatan paskibra sangat membantu dalam membangun kembali karakter bangsa yang mulai terkikis. Kegiatan ini membentuk fisik, mental dan karakter. Fisik yang sehat, mental yang kuat, dan karakter yang kokoh, tandasnya.


Paskibra Gelumbang diikuti oleh 28 Siswa dari SMA 1, SMKN 1, SMA PGRI, Pesantren Alfalah.

Masing-masing siswa yang dipilih menjadi anggota paskibra Sudah melalui tahapan seleksi internal di sekolah masing-masing. “Seleksi masuk paskibra dilaksanakan di sekolah masing-masing. (Red)