Camat Gelumbang Membuka Festifal Tunas Bangsa Ibu (FTBI) Dan Anak Soleh Soleha Tingkat SD/SMP

MUARA ENIM - Camat Gelumbang Hery Mulyawan, SP. MM,Membuka Festifal Tunas Bangsa Ibu (FTBI) Dan Anak Soleh Soleha Tingkat SD/SMP. Selasa (06/08).

Hery Mulyawan dalam sambutannya menyampaikan, Sebagai upaya pelestarian Bahasa Ibu dan anak Pemkab Muara Enim melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan sebagai salah satu wujud perlindungan bahasa dan sastra daerah, agar menciptakan ruang kreativitas dan kebebasan bagi pemuda dan generasi mendatang untuk merawat bahasa daerah.
Sementara itu di tempat yang sama Sutopo selaku korwil TK/SD menyampaikan, festival ini akan dilombakan berbagai varian seni yang menggunakan keahlian dalam mengolah bahasa daerah menjadi satu sajian atau hiburan.Pada festival in dilombakan seni mendongeng, betarsul, menyanyi, belocoan dan sebagainya. Lomba-lomba ini diikuti oleh para pelajar tingkat TK -SD di kecamatan Gelumbang .

Beliau berharap dengan kegiatan seperti ini bahasa daerah bisa diperkenalkan sedini mungkin kepada anak-anak agar tumbuh rasa bangga dan cinta pada Bahasa daerah sejak dini.“Kita wajib tanamkan rasa cinta pada bahasa ibu sejak dini pada anak agar bahasa ini tetap terjaga tetapi mempelajari dan menguasai bahasa asing tidak salah namun menjaga kearifan lokal dan identitas bangsa merupakan kewajiban kita sebagai bangsa yang berbudaya dan menyintai tanah air, Siapa lagi yang akan menjaganya selain kita dan anak cucu kita, Oleh karenanya, wajib untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan bahasa ibu,” tegasnya.


Menurutnya, Bahasa daerah merupakan kekayaan budaya, kearifan lokal yang harus dijaga kelestariannya. Bahasa daerah bukan hanya sebagai Bahasa Ibu atau alat komunikasi saja tetapi yang terpenting adalah sebagai bagian dari identitas bangsa.Diakhir Didi mengucapkan selamat berlomba dan ia berpesan menang ataupun kalah tidak menjadi soal, yang terpenting adalah bersemangat, rajin dan tekun dalam belajar.
“Jangan sungkan untuk berbahasa daerah dan selalu belajar untuk melestarikan seni daerah Karena anak-anak merupakan masadepan bagi daerah dan Kalianlah nantinya yang akan menjaga daerah ini dan melestarikan kearifan lokalnya,” katanya mengakhiri. 

Tampak terpantau hadir dalam acara ini antara lain: camat Gelumbang Hery Mulyawan, SP. MM,Korwil TK/SD Sutopo, S .Pd .M .Si ,Hermanto, S. Pd. M. Si ,pengawas  TK SD ,Ridwan ,S. Pd. M .Si. Suparmato, S. Pd. M .Pd, kapusmas Gelumbang juga para kepala sekolah TK SD Se-Kecamat Gelumbang 

Liputan : Umar Dani