UPTD Puskesmas Srikaton Luncurkan Pekan Imunisasi Nasional untuk Lindungi Anak-Anak dari Penyakit Polio

BANYUASIN– Untuk meningkatkan kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap penyakit polio, UPTD Puskesmas Srikaton, kecamatan Air Salek, Kabupaten Banyuasin, menggelar Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di wilayah kecamatan Air Salek, dari 14 desa yang ada, Selasa, (23/07/24) pagi.

Pencanangan PIN ini ditandai dengan meneteskan vaksin polio oleh Staf UPTD Puskesmas Srikaton,  Saritno SKM, Di hadiri juga Camat Air Salek, Mulyadi S Sos M Si, ketua tp PKK kecamatan Air Salek, staf kecamatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, kepala desa, bidan posyandu, dan kader kesehatan,.

Kegiatan ini dilaksanakan guna mencegah dan menangani kejadian luar biasa Penyakit Polio yang telah terjadi di beberapa daerah di Indonesia. 

Saritno SKM menyampaikan bahwa pencanangan PIN Polio ini merupakan langkah preventif untuk memutus rantai penularan Penyakit Polio serta melindungi anak-anak dari penyakit tersebut. PIN Polio dilaksanakan mulai hari ini hingga 23 Juli 2024 untuk tahap pertama, dan tahap kedua akan dilakukan dari 6 hingga 12 Agustus 2024.

Kegiatan PIN Polio menyasar anak berusia 0-7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya, Penyakit Polio adalah penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen, namun dapat dicegah dengan imunisasi. Imunisasi polio terbukti melindungi jutaan anak dari penyakit dan kelumpuhan,ucap Saritno SKM saat di konfirmasi awak media.

Data uji klinis menunjukkan bahwa imunisasi polio dapat ditoleransi dengan baik oleh semua kelompok usia tanpa kekhawatiran signifikan terkait kejadian ikutan pasca pemberian imunisasi (KIPI). Selain imunisasi, peran aktif masyarakat juga penting dalam pencegahan penularan virus polio dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan dengan sabun, serta segera melapor ke petugas kesehatan jika menemukan anak di bawah 15 tahun dengan gejala lumpuh layu mendadak.


“Mari Ibu-ibu , bawa anak-anak yang berusia 0-7 tahun ke posyandu terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio selama Pekan Imunisasi Nasional,” ajak Saritno SKM .
Reporter : Mulyadi