Tingkatkan Peran Masyarakat, Dinas Damkar Lakukan Sosialisasi Kebakaran Di Desa Tanjung Baru

MUARA ENIM - Camat Lembak Didi Haryanto S.Kom, melalui Stafnya Sukirman Hatta menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi Pencegahan dan Penyuluhan Kebakaran kepada masyarakat, bertempat di Desa Tanjung Baru Kecamatan Lembak, Kamis 25/07.
Dalam arahannya, Sukirman Hatta mengajak masyarakat untuk senantiasa waspada dengan yang namanya kebakaran. Serta mempersiapkan sejak dini berbagai upaya pencegahan agar tidak terjadi kebakaran diwilayah Kecamatan Lembak dan sekitarnya.

"Walaupun saat ini di Kecamatan Lembak sendiri, kita telah memiliki UPT Pemadam Kebaran, yang senantiasa stanby 24 jam guna memberikan pelayanan umum kepada masyarakat dalam bidang penanggulangan kebakaran dan melakukan penyelamatan terhadap korban kebakaran maupun bencana lainnya. Namun partisipasi serta sinergi dari masyarakat tentunya sangatlah penting.

Karena lanjut Sukirman Hatta lagi, dalam penanggulangan kebakaran, meliputi pengurangan resiko kebakaran di setiap tahapan managemen kebakaran, baik pada pra kebakaran, waktu kejadian kebakaran, pasca kebakaran, yang senantiasa mengedepankan tindakan preventif, tidak akan mampu dilakukan secara parsial oleh petugas kebakaran, akan tetapi butuh sinergi, kolaborasi serta akselerasi dari semua pihak, baik itu Polri, TNI serta seluruh elemen masyarakat.

"Momentum Sosialisasi ini, kami berharap, kita dapat membekali diri dengan pengetahuan terkait pencegahan dan pemadaman kebakaran, serta penyelamatan jiwa atau evakuasi serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Mengingat, pengetahun yang kita miliki akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, desa kita, agar tidak berdampak pada kerugian yang lebih besar", tegas Staf Camat Lembak tersebut.

Turut hadir Kepala Desa Tanjung Baru BPD, Tokoh Masyatakat, tim Pemadaman Kebakaran, Pol- PP serta seluruh peserta sosialisasi pencegahan dan penyuluhan kebakaran.

Kepala  Desa Tanjung Baru, Rusyadi menyambut baik atas Sosalisasi ini dengan adanya Sosalisasi masyarakat akan lebih memahami tentang bahayanya kebakaran,"tuturnya.
Reporter : Umar Dani