Sat Binmas Polres Banyuasin Lakukan Binkamsa Terhadap Satpam di Sejumlah PT Dalam Kecamatan Suak Tapeh

BANYUASIN - Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Banyuasin melaksanakan pembinaan keamanan swakarsa (Binkamsa) terhadap petugas Satpam di sejumlah PT yang ada dalam Kecamatan Suak Tapeh dan Satkamling, Kamis (18/7/24).
Sejumlah PT tersebut yakni PT. Mitra Aneka Rezeki di Desa Tanjung Laut Kecamatan Suak Tapeh, PT. Sawit Mas Sejahtera di Desa Tanjung Laut Kecamatan Suak Tapeh, dan Satkamling RT. 09 Dusun 03 Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh
KBO Sat Binmas Polres Banyuasin Iptu Abu Bakar SH, Ps. Kanit Bhabinkamtibmas Sat Binmas Polres Banyuasin Aipda Nurhidayat Rahmatullah, dan Ps Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Banyuasin Aipda M Taufik Kurniawan SH.

Hadir, Bujang Guntur selaku Staff Humas dan Legal, Agung Santoso selaku Chief Security, Serda Erik, Dedi Supriyadi selaku Danru Satpam serta 1 orang Anggota Satpam PT. Mitra Aneka Rezeki. 

Kemudian Ayat selaku Danru Satpam, Bery selaku Asisten Kepala serta 2 orang Anggota Satpam PT. Sawit Mas Sejahtera. Satkamling dihadiri Bripka Azwar selaku Bhabinkamtibmas Desa Lubuk Lancang, Zainudin selaku ketua Satkamling beserta 6 orang Anggota Satkamling Desa Lubuk Lancang. 

Kapolres Banyuasin AKBP Ruri Prastowo SH SIK MIK melalui Kasi Humas Polres Banyuasin AKP Sutedjo menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara Polri dan Satpam dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), terutama dalam konteks keamanan swakarsa.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin mempererat kerjasama dan kemitraan antara Polri dan Satpam. Kami berupaya membangun komunikasi yang terbuka dan sinergis dalam menjaga Kamtibmas, khususnya di wilayah PT yang ada di Kecamatan Suak Tapeh.

AKP Sutedjo mengatakan dalam kegiatan tersebut, Sat Binmas Polres Banyuasin melakukan pengecekan Kartu Tanda Anggota (KTA), atribut seragam, dan alat bantu pengamanan Satpam serta pengecekan buku mutasi di pos penjagaan Satpam untuk memastikan kelengkapan administrasi.

“Sat Binmas juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pengamanan dengan pemasangan CCTV di dalam dan di luar area PT sangat penting sebagai bukti dan juga untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan bila terjadi tindak pidana," tambah dia.

Juga meminta Satpam selalu memperhatikan kedisiplinan, baik dalam sikap maupun penampilan pribadi, serta memahami pentingnya pengamanan swakarsa dengan berpedoman pada Perpol Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pam Swakarsa.

"Kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengamanan swakarsa dan menciptakan situasi yang aman dan kondusif di sejumlah PT yang ada di Kecamatan Suak Tapeh,"tutur dia.

Pengecekan kerapian pakaian dan pembinaan Satpam PT. Mitra Aneka Rezeki di Desa Tanjung Laut Kecamatan Suak Tapeh ditemukan fakta bahwa Anggota Satpam PT. Mitra Aneka Rezeki berjumlah 14 orang dimana 12 orang sudah melaksanakan Diksar dan 2 orang lainnya belum Diksar.

Dan KTA hidup, ada beberapa yang masih menggunakan seragam lama dan sebagian Anggota Satpam sudah mengganti seragam Satpam sesuai Perpol No. 1 Tahun 2023," ujar AKP Sutedjo.

Kemudian melakukan pengecekan kerapian pakaian dan pembinaan Satpam PT. Sawit Mas Sejahtera di Desa Tanjung Laut Kecamatan Suak Tapeh ditemukan fakta bahwa masih banyak Anggota Satpam yang belum melaksanakan Diksar.

Untuk Anggota Satpam yang melaksanakan Diksar, KTA Hidup. Anggota satpam sudah mengganti seragam Satpam sesuai Perpol No. 1 Tahun 2023 serta ada beberapa Anggota Satpam yang cara berpakaiannya masih salah dan kurang rapih.
(Mulyadi)