Pertemuan kelompok kerja (Pokja) di kampung keluarga berkualitas desa sigam kecamatan gelumbang

MUARA ENIM -  Kegiatan Pokja bina lansia kampung berkualitas (KB) desa sigam yang di laksanakan di kantor kepala desa sigam kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. 
Senin (22 juli 2024).

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kecamatan Gelumbang mensosialisasikan program lansia tangguh untuk meningkatkan kualitas hidup lansia dan menambah pengetahuan serta wawasan bagi pengelola Bina Keluarga Lansia (BKL) di wilayah kecamatan Gelumbang 

Dalam acara ini dihadiri oleh Ketua Tim Pokja Ketahanan Keluarga Lansia dan Rentan perwakilan BKKBN kecamatan Gelumbang Aida Fitriani  SKM beserta staff puskesmas kepala desa sigam Suparjan melalui sekretaris desa sigam Leo Anton Saputra, bidan Mega nirwana desa sigam , perangkat desa dan masyarakat lansia desa sigam.

Ketua Tim Pokja Ketahanan Keluarga Lansia dan Rentan Perwakilan BKKBN Kecamatan gelumbang Aida Fitriani SKM menjelaskan dalam sosialisasi hari ini, dia berharap dapat meningkatkan komitmen dari pemangku kepentingan serta menambah wawasan pengelola program, pembinaan terhadap kelompok kegiatan BKL dapat berjalan optimal, sehingga ke depan adanya peningkatan kualitas hidup Lansia dan Keluarga Lansia.

Sosialisasi dilaksanakan agar seluruh keluarga memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk menyiapkan lansia tangguh serta juga mendapat pengetahuan mendalam terkait perawatan jangka panjang bagi lansia.

Saat di wawancara ketua Pokja ketahanan keluarga lansia dan rentan perwakilan BKKBN  kecamatan Gelumbang Menjelaskan
" Seluruh desa sekarang sudah menjadi kampung KB, dan sudah ada kegiatan bina kegiatan balita(BKB), bina kegiatan remaja (BKR) , dan Bina kegiatan lansia (BKL) tp kebenaran pada hari ini dilaksanakan kegiatan bina keluarga lansia, berarti keluarga yang sudah mendekati lansia dan kita bina dan berumur 60 an ".

" Adapun tujuan dari sosialisasi ini yaitu agar supaya menjadi lansia tangguh beradaptasi pada proses penuaannya dengan positif, sehingga dalam memasuki usia tua/ lansia dapat nyaman, aman dan bermanfaat untuk diri, keluarga dan lingkungannya." 

Sementara kepala desa sigam Suparjan  melalui sekretaris desa Sigam  juga menambahkan bahwa pemerintah desa sigam kecamatan Gelumbang melaksanakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan derajat kesehatan maupun kesejahteraan lansia di desa sigam ini.

Sinergi dan kerjasama berbagai instansi maupun lembaga yang menangani masalah lansia harus terus ditingkatkan agar tepat sasaran dan tidak tumpang tindih. Tenaga lapangan PKB/PLKB siap mendukung dan mensukseskan program yang menangani persoalan lansia dengan baik.

Dia menambahkan, kader merupakan ujung tombak program di lapangan. Selain itu juga diperlukan dukungan dari masyarakat luas agar program-program yang menangani persoalan lansia berjalan dengan baik.

Liputan : Edo Wilantara