Peringati 10 Muharram 1446 H, Masyarakat Desa Karang Anyar “Gelar Sedekah Desa

BANYUASIN – Masyarakat Desa Karang Anyar, Kecamatan  Muara Padang, Kabupaten Banyuasin , menggelar acara Sedekah Desa, dalam Rangka Peringati 10 Muharram 1446 H, Tahun 2024 . Acara adat yang tetap lestari meskipun sudah zaman melenial dan modern, Rabu (31/07/24).

Acara sedekah desa ini di dihadiri  Kepala Desa Karang Anyar, Muhammad Hamzah, Ketua Adat Desa Karang Anyar, Hasan Senen, Ketua BPD,  Pemdes desa karang anyar,  Tokoh Agama, tokoh masyarakat, pemuda , ibu ibu PKK, serta masyarakat desa karang anyar.
Acara ini sangat antusias disambut masyarakat, hal ini bisa dilihat dari masyarakat yang berbondong-bondong mengikuti acara rutin tahunan yang dilaksanakan untuk menjalin silaturahmi,


Kades Desa Karang Anyar, Muhammad Hamzah, Sambutan nya mengungkapkan bahwa acara sedekah desa ini merupakan adat leluhur yang tetap lestari karena memiliki makna yang sangat baik yakni mewujudkan rasa duka cita dalam menyambut peringatan 10 Muharram 1446 H, dan tentunya untuk mempererat tali silaturahmi antar Masyarakat,.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang menambah kekhusyukan suasana. Kemudian, dilanjutkan dengan ceramah agama yang mengingatkan kembali pentingnya bulan Muharram sebagai salah satu bulan suci dalam kalender Hijriyah. Ketua adat  juga menyampaikan sejarah dan makna 10 Muharram, yang dikenal sebagai Hari Asyura, serta mengajak jamaah untuk selalu meningkatkan ketakwaan dan kepedulian sosial.


Masi kata kades,  menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap pelaksanaan kegiatan ini. "Peringatan 10 Muharram memiliki nilai historis dan religius yang sangat tinggi bagi umat Islam. Saya berharap, melalui kegiatan seperti ini, kita semua dapat lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya Saat di Konfirmasi wartawan.


Selain itu, kades  juga mengajak seluruh warga untuk terus menjaga persatuan dan kerukunan antarumat beragama di Desa Karang Anyar, "Mari kita jaga kebersamaan dan saling menghormati antar sesama, sehingga Desa Karang Anyar, dapat menjadi contoh desa yang harmonis dan damai, serta Ucapan terima kasih kepada ketua adat desa karang Anyar Hasan Senen yang sudah mensukseskan sedekah adat, Tutupnya.


Kegiatan ini ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh adat Hasan Senen , memohon keberkahan dan keselamatan untuk seluruh warga Desa Karang Anyar,. Suasana kebersamaan dan kekeluargaan yang terasa selama acara berlangsung menambah kehangatan peringatan 10 Muharram kali ini.
Reporter : Mulyadi