Pentingnya Cegah Polio Sejak Dini, Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Sukses di Glar

MUARA ENIM - Pemerintah Desa Penandingan Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim,  bekerjasama dengan  Puskesmas Sukarami Sukses melaksankan Pekan Imunisasi Nasional (PlIN) Polio bertempat di posyandu Desa Penandingan, Selasa 23/07/2024.
Kepala Desa Penandingan Asmara Hadi menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk memberikan perlindungan pada anak dari penyakit Polio.
Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio ini dilaksanakan secara serentak secara nasional pada selasa tanggal 23 Juli 2024. Program ini bertujuan untuk melindungi anak-anak dari ancaman penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.

Program ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menanggulangi polio dengan harapan dapat memberikan perlindungn ekstra pada semua anak dari ancaman polio. Vaksin Polio yang diberikan berbentuk vaksin tetes dengan target imunisasi anak usia 0 – 7 tahun.
Secara rinci Asmara Hadi menjelaskan untuk anak nol sampai lima tahun kita lakukan imunisasi di posyandu, sedangkan anak umur 6-7 tahun akun dilakukan imunisasi di sekolah masing-masing," ucap kades
Semua Instansi Pemerintah dari Kecamatan, Puskesmas dan desa terjun secara langsung ke lokasi untuk mensukseskan kegiatan tersebut dan memastikan program terlaksana dengan baik.

PIN Polio di Desa Penandingan berpusat di Posyiandu dengan dihadiri oleh Kepala Desa,dan perangkat  Desa Ketua TP- PKK Bidan Desa dan kader posyandu Meninting,
Melalui kesempatan ini juga Pemerintah Desa Penandingan 

mengajak seluruh masyarakat untuk tetap hadir khusunya Ibu dan anak ke tempat posyiandu untuk sekrining kesehatan demi masa depan anak-anak.
Sementara itu di tempat terpisah kepala puskesmas Sukarami,
Deni Artika, Am.Keb.,SKM.,M.Kes, menyampaikan pada media ini, hari ini kita serentak lakukan vaksiin Polio di 19 Desa yang ada di kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim,  hari ini Adalah putaran pertama mulai dari tanggal 23 juli 2024 hingga ke tanggal,29/007/2024,  dan untuk putaran kedua mulai dari tanggal 6 Agustush hiingga. Tanggal 12 Agustus 2024
" Ucap Deni.

Lebih lanjut  Deni menyapaikan, Upaya ini dilakukan sebagai respons atas temuan kasus polio di beberapa daerah di Indonesia.
Pada 9 Maret 2024, satu kasus lumpuh layuh akut (LGA) pada anak laki-laki berusia 6 tahun di Kabupaten Nduga terkonfirmasi positif polio tipe II melalui pemeriksaan laboratorium. Onset kelumpuhan terjadi pada 20 Februari 2024.

Kepala Desa juga menghimbau agar semua masyarakat yang memiliki anak usia 0-7 tahun untuk berpartisipasi aktif dalam program imunisasi ini, demi terciptanya lingkungan yang lebih aman dan sehat bagi generasi yang akan datang, ucap "kades
Liputan  : Umar Dani