Pendistribusian Bantuan Pangan Berupa Beras Sebanyak 381 keluarga Penerima Manfaat (KPM)

MUAR ENIM - Pemerintah Desa Danau Rata Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara, kembali Melaksanakan Pendistribusian Bantuan Pangan Berupa Beras Sebanyak  381 keluarga Penerima Manfaat (KPM) Periode bulan Juli ni Bertempat di kantor kepala Desa Danau Rata Senin 08/07/2024.

Kepala Desa Danau Rata Rusdi, S.Pd MSi, menyampaikan pada media ini bantuan beras untuk bulan Juni 2024 ini sudah mulai kita bagikan  pada hari Jumat 5 juli 2024, dan pada hari ini masih tersisa sekitar 20 KPM yang belum mengambil beras bantuan ini padahal kita sudah umumkan juga sudah di berikan undangan di setiap KPM nya," ujar Rusdi 

Bantuan pangan beras merupakan program pemerintah berupa penyaluran beras yang bersumber dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog. Program ini merupakan salah satu pemanfaatan CBP sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah. Penyaluran Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Pusat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya bantuan ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh akses yang lebih baik terhadap pangan dan meningkatkan kualitas hidup mereka.
 
Penyaluran bantuan dimulai pukul 08.00 Wib KPM. Sejak pukul 09,00 WIB KPM sudah mulai berdatangan untuk mengambil haknya. kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Danau Rata, Sekretaris Desa, Babinsa, Babinkantibmas Desa, dan Pendamping PKK Desa,, dan Penerima Bantuan Pangan. Kegiatan pendistribusian Bantuan Pangan secara langsung Berupa Beras 10 Kg setiap penerima, jumlah penerima bantuan sebanyak 381  KPM.
 
Bagi warga yang sudah mulai datang terlebih dahulu menuju meja pertama unutk menujunjukkan undangan yang di terima dan identitas E KTP nya . Petugas mencocokkan data antara nama diundangan dan nama di E KTPnya , karena memang harus diambil sendiri oleh penerima / KPM nya. Jika kemudia berhalangan hadir boleh diambil oleh anggota keluarga yang lainya selama masih dalam satu KK.
 
Beras yang diterimakan adalah 10 Kg untuk 1 KPM Kegiatan ini berjalan dengan aman, lancar dan tidak ada halangan yang merintangi.

Liputan : Umar Dani