DESA SEGAYAM GELAR SEDEKAH ADAT/ SEDEKAH DUSUN

MUARA ENIM - Bertempat di balai Desa Segayam Kecamatan Gelumbang ratusan masyarakat Desa Segayam, Gelar sedekah adat/sedekah dusun, acara ini  merupakan tradisi adat budaya yang biasa dilakukan oleh masyarakat Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim.

Sedekah Dusun biasa dilaksanakan pada awal tahun maupun akhir tahun, yang memiliki tujuan agar desa tersebut terhidar dari wabah atau penyakit, diberi rasa aman, nyaman, tentram dan damai. kali ini sedekah dusun dilaksanakan di Desa Segayam, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Rabu 17/07/2024

Sedekah Dusun merupakan tradisi yang sudah turun temurun dari jaman nenek moyang, H. M, Rum, S.H tokoh masyarakat Desa Segayam Kecamatan Gelumbang menyampaikan pada Media ini Sedekah Dusun ini setiap tahun kita rayakan, yang mana ini adalah budaya yang sudah turun temurun dari jaman nenek moyang, dan hingga kini budaya ini tetap kita pertahankan dan kita lestarikan,"ujar M. Rum.
Dalam sedekah dusun tersebut, sejumlah rangkaian kegiatan religi seperti pembacaan ayat suci Alquran, salawatan demi salawatan dilantunkan,serta gelar doa bersama-sama dipanjatkan, dengan harapan Desa Segayam mendapatkan Ridho dan Rahmat dari Allah SWT. 
Saat awak media mencoba menghubungi kepala desa Segayam, untuk konfirmasi terkait sedekah dusun ini, beliau menyampaikan melalui pesan whastaf mohon maaf ndo aku sedang Idak di dusun.
Sementara itu kepala Desa Segayam saat di hubungi media ini melalui pesan whastap nya, menyampaikan permohonan maafnya,kepada seluruh masyarakat Desa Segayam atas nama pribadi dan Pemerintah Desa saya mohon maaf yang sebesar besarnya, karna pada acara sedekah dusun kali ini saya tidak bisa hadir."ucap kades
Liputan :  Umar Dani

Liputan :  Umar Dani