Bawaslu Kabupaten Banyuasin pastikan coklit di Kecamatan Air Salek optimal, Camat Air Salek ucapkan terima kasih

BANYUASIN - Bawaslu Kabupaten Banyuasin melaksanakan kegiatan supervisi dan uji petik terhadap proses pencocokan dan penelitian (coklit) yang sebelumnya dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara melakukan uji petik di 2 desa yakni Desa Salek Mukti dan Desa Enggal Rejo, Jum at (19/07/24).
Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Banyuasin, April Yadi,  dan Ameredi  didampingi Ketua Panwascam Air Salek , Supandri S Pd, dan Ketua PPK Kecamatan Air Salek, Herman Kelani, supervisi ini bertujuan memastikan bahwa tahapan coklit berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Bawaslu Kabupaten Banyuasin berkomitmen untuk memastikan keakuratan data pemilih.

"Kita pastikan bahwa tahapan coklit ini sesuai dengan prosedur, tidak ada kesalahan pada data, dan setiap pemilih mendapatkan tempat pemungutan suara (TPS) yang terdekat dengan domisili mereka, juga diharapkan kepada peran masyarakat untuk bersama-sama mengawasi serta melaporkan apabila belum di coklit oleh Pantarlih di Posko Aduan KAWAL HAK Pilih di Panwascam Air Salek" ujar Pandri.

Setelah melaksanakan pantauan lapangan dengan melakukan uji petik, tim komisioner Bawaslu Kabupaten Banyuasin mengunjungi kantor Camat Air Salek bersama rombongan untuk melakukan koordinasi dan komunikasi terhadap peran bersama guna memastikan tahapan pemilihan kepala daerah di Kecamatan Air Salek berjalan dengan baik.

Camat Air Salek Mulyadi, S.Sos.,M.Si menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan komisioner Bawaslu Kabupaten Banyuasin, sangat baik apabila pengawasan setiap tahapan itu secara langsung dilakukan sehingga akan lebih menyakinkan bila pelaksanaan di lapangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, selain itu apabila dijumpai kelemahan bisa langsung diberikan intervensi perbaikan.

"Terima kasih dan apresiasi atas kunjungan komisioner Bawaslu Kabupaten Banyuasin di Kecamatan Air Salek, kunjungan ini saya pastikan akan memberikan semangat bagi penyelenggara dan pengawas pemilihan kepala daerah tahun 2024 tingkat kecamatan, Alhamdulillah dari penjelasan yang kita terima pelaksanaan coklid yang beberapa waktu yang lalu dilakukan oleh petugas Pantarlih sudah berjalan maksimal dan sangat baik"

Lebih lanjut Mulyadi menambahkan optimalisasi pengawasan memang harus dilakukan secara komprehensif untuk itu di koordinasi, komunikasi agar tetap dilakukan ke pemerintah kecamatan selaku perangkat daerah yang secara langsung memiliki kewilayahan untuk juga memastikan tahapan-tahapan pilkada berjalan dengan baik dan kita semua harus berintegritas untuk menjamin pelaksanaan tugas dan tanggungjawab secara profesional" ungkapnya.
(Biro Mulyadi)