PPK dan Panwascam Lakukan Monitoring Pantarllih di Desa Suka Menang

MUARA ENIM - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Gelumbang bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Panwaslucam Gelumbang (PKD) melakukan monitoring terhadap proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Dusun Dua (2) Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, Pada Hari 28 Juni 2024.

“Jadi hari ini kita melakukan Coklit di rumah salah satu warga di Dusun Dua (2) Suka Menang. Kebetulan juga mendapatkan suport dari Tokoh Masyarakat Suka Menang dengan baik terhadap proses tahapan pelaksanaan Pilkada ini”, kata Fajrin Andru Franana selaku ketua PPK Gelumbang saat memantau pencoklitan.

Ia mengatakan bahwa aktivitas pencoklitan mulai berjalan sejak 24 Juni hingga dua pekan ke depan. Data dari hasil pencoklitan ini akan menjadi bahan dasar untuk penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Lebih lanjut Fajrin Andru Franana, mengimbau kepada para Pantarllih agar dalam proses pencoklitan selalu mengedepankan aspek etika saat berhadapan dengan masyarakat serta berpakaian rapi dan sopan.

Kemudian kalau ke rumahnya orang jangan terlalu malam dan jangan terlalu pagi. Jangan juga mengganggu waktu istirahat. Pantarllih ini kan direkrut dari sekitar TPS sehingga sekiranya dalam proses pencoklitan sudah dapat mengenal orang-orang di sekitarnya”, imbaunya.

Selain itu, ia juga berharap kepada masyarakat agar terbuka dan menerima dengan baik kedatangan Pantarllih karena pekerjaan mereka dapat membantu masyarakat menyalurkan hak pilihnya saat Pilkada 27 November nanti.

Ketua Panwascam Gelumbang Zahri Yanto, S.E., mengatakan bahwa pihaknya turut serta untuk memastikan kegiatan Pantarllih dalam melakukan pencocokan data masyarakat yang akan memilih sekaligus melakukan monitoring di setiap kelurahan/Desa yang ada di Kecamatan Gelumbang.

"Dalam rangka tahapan pencoklitan kami sebagai Panwascam Gelumbang turut serta untuk memastikan bahwasanya Pantarllih telah melakukan pencocokan data masyarakat”, tuturnya.

“Tujuannya agar pencoklitan data ini betul-betul sesuai dengan prosedur dan memastikan pantarlih benar bekerja sesuai SOP. Dimana prosedur ini adalah memastikan dokumen-dokumen yang dilakukan oleh Pantarllih telah sesuai dengan data yang sebenarnya”, Tegasnya.

*Red