Pemdes Sampai Terjunkan alat Berat ' Warga Desak BPD Segera Rancang Perdes Terkait Sampah

MUARA ENIM  -- Pemerintah desa bersama badan permusyawaratan desa akhirnya membersihkan tumpukan sampah di Desa Lembak, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim yang meluber hingga ke jalan, Kamis (20/6/2024).  sampai harus mendatangkan alat berat karena sampah di wilayah tersebut sangat banyak.

Kepala Desa Lembak Jasmadi, S.H  mengungkapkan, pembersihan tumpukan sampah yang sebelumnya mengganggu warga sekitar dan masyarakat yang melintas di lokasi tersebut, akan dilakukan sampai bersih.

Tidak hanya tugas pemerintah, menjaga lingkungan  dengan tidak membuang sampah sembarangan ,perlu andil dari semua pihak, termasuk masyarakat. Kesadaran diri agar tidak membuang sampah sembarangan merupakan upaya menjaga lingkungan.

“Kesadaran ini (tidak membuang sampah sembarangan) harus tumbuh dalam diri kita semua  sebagai masyarakat sih ?,” ucap salah satu BPD.

Sementara itu, kerap ditemukan lokasi-lokasi diwilayah Desa Lembak salah satunya di pinggir Jalan tapus dan Jalan Kemang, yang sejatinya bukan tempat sampah justru melimpah sampah menumpuk di lokasi tersebut, hanya sebagian kecil warga Desa Lembak  yang membuang melainkan  kebanyakan warga luar Desa Lembak. 

Maka tidak heran masyarakat  Desa Lembak yang sadar kemudian geram dengan tindakan oknum yang membuang sampah sembarangan.

Salah satu Warga Desa Lembak Mendesak BPD Supaya Merancang Peraturan Desa (Perdes).

 "Kalau Sudah ada Perdes nya??.. Bila ketahuan membuang Sampah Ada Hukumannya bila perlu di denda atau Aturan lainnya,"Tegas seorang warga lembak yang tidak menyebutkan Namanya.

*(Red).