Mobil Dinas Kades di Prabumulih menjadi sorotan sejumlah pihak, mulai dari masyarakat, LSM dan pegiat antikorupsi lainnya

PRABUMULIH - Mobil Dinas (Mobnas) 12 Kepala Desa (Kades) di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan menjadi sorotan sejumlah pihak, mulai dari masyarakat, LSM dan pegiat antikorupsi lainnya. Pemberian fasilitas mewah usai Penyerahan SK Perpanjangan masa jabatan Kades, seperti mengistimewakan Kades ketimbang Lurah. Minggu, 30 Juni 2024.

Dilansir Dari salah satu media online TOPIK BERITA. Yang Berjudul "Mobnas Kades di Protes, Lembaga APM : Kenapa Tidak Ambulan Saja. 

Usai viral masuk berita nasional, kebijakan pemerintah Kota Prabumulih menyetujui anggaran desa di pakai untuk membeli mobil Toyota Rush, disebut akan dipergunakan untuk masyarakat nampaknya hanya formalitas belaka.

Hal itu diungkapkan, Adi Susanto Ketua LSM APM belum lama ini. Mantan anggota DPRD Kota Prabumulih itu menilai jika mobil tipe Rush dijadikan untuk dinas kades dan untuk melayani masyarakat, tak mungkin terjadi.

Santon, sapaan akrabnya itu menyebut dalam videonya, mengusulkan agar mobil dinas ambulans lebih merakyat dan bisa digunakan oleh semua masyarakat ketimbang mobil pribadi yang akan membuat warga segan.

Sementara, salah satu Kades sempat media ini temui mengaku, tidak mengusulkan mobil dinas mewah.

“aku dak tau, oleh aku junior ni jadi aku ikut bae” ujar salah satu kades di Prabumulih.

Netizen pun ikut bicara menanggapi, kebijakan yang dinilai ada unsur politik, berbagai macam spekulasi disampaikan lewat kolom komentar media sosial @prabumulih.viral.

“Ini tahun politik, ado kendak yang calon, samo tau bae” tulis salah satu netizen.

Sebelumnya, Pj Walikota Prabumulih H Elman ST menyebut jika mobil dinas kades berasal dari ADD tahun 2024. Mobil tersebut dipergunakan untuk aktivitas kepala desa serta bisa digunakan untuk membantu masyarakat sakit.

*Red