KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI KINRJA PEMERINTAH DESA OLEH TIM KECAMATAN

MUARA ENIM- Camat Sungai Rotan Chandra Firmansah,S.E MSi Dalam rangka tertib Administrasi Pemerintahan Desa Serta mengingat pelaksanaan Anggaran Maka Tim Monitoring Pelaksanaan Pemerintahan dan Dana Desa Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja Pemerintah Desa pada Selasa 25/06/2024 di Desa Tanjung Miring. 
 
Bertempat di Kantor kepala Desa Tanjung Miring. Sekcam  Sungai Rotan Mardiansyah S.Sos. MSi Membuka acara monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan administrasi dan pembangunan desa tahun anggaran 2023 - 2024 progres tahap awal. Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya. Tim Fasilitasi Kecamatan.  Pemberdayaaan Masyarakat Desa.
 
Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, evaluasi serta pelaporan. Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah desa, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya.

Pada kegiatan monev ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik yang ada di desa. Materi monev terkait pengerjaan administrasi meliputi dokumen RKP Desa, SPJ, Dokumen BLT-DD, dan dokumen penting lainnya. Sedangkan terkait pembangunan fisik, telah dilaporkan melalui dokumen pendukung bahwa Dana Desa dan Dana Transfer lainnya di pergunakan untuk kegiatan pemberdayaan, dan penanggulangan bencana alam fisik.

-Penulis - Umar Dani.