Himbauan Agar tidak membuang Sampah sembarangan ' di Wilayah Lembak

MUARA ENIM -- Tidak hanya tugas pemerintah, menjaga lingkungan  dengan tidak membuang sampah sembarangan ,perlu andil dari semua pihak, termasuk masyarakat. Kesadaran diri agar tidak membuang sampah sembarangan merupakan upaya menjaga lingkungan. Kamis 20 Juni 2024.

Sementara itu, kerap ditemukan lokasi-lokasi diwilayah Desa LEMBAK salah satunya Perlitasan Jalan Kabupaten, yang sejatinya bukan tempat sampah justru melimpah sampah menumpuk di lokasi tersebut, hanya sebagian kecil warga Desa Lembak  yang membuang melainkan  kebanyakan warga luar Desa Lembak . 


Maka tidak heran masyarakat  Desa Lembak yang sadar kemudian geram dengan tindakan oknum yang membuang sampah sembarangan. Mereka  bersama Pemdes Lembak lantas memasang Spanduk Himbauan  teguran yang bahkan bahasanya bernada ancaman. Untuk itu langkah Pemdes Lembak menghimbau kepada masyarakat untuk jakga kebersihan lingkungan membuang sampah pada tempatnya dengan ikut berlangganan jasa pembuangan sampah di Desa Lembak / unit pengelolaan sampah BUMDes.


Secara umum kesadaran sebagian besar masyarakat Desa Lembak sudah cukup baik. 70% - 85 % per Dusun/Rw sudah ikut berlangganan jasa buang sampah ke TPA,  Namun oknum atau sebagian kecil masyarakat masih tidak peduli dengan kebersihan lingkungan, hanya memberikan teguran dan sanksi sosial  mereka yang tidak peduli dan buang sampah sembarangan. Sayangnya, terkadang masih mendapat perlawanan  masyarakat yang arogan  dan tidak peduli kebersihan.

“Mudah-mudahan masyarakat yang sudah sadar dapat ikut membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat yang tidak peduli pada kebersihan, Pemdes dan BPD.

berterimakasih kepada masyarakat yang kini semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.  

“Yang paling utama adalah kesadaran bersama. Saya yakin jika ini sudah terbangun, Desa LEMBAK ini akan semakin bersih,menjadi pilot Desa Sehat" ujar Seorang BPD.

*(Red).