Edukasi Pengenalan Damkar Sejak Dini Kepada Anak TK

MUARA ENIM -- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara, mengadakan edukasi favorit Taman Kanak Kanak  KB AZ-Zahra Desa Sukarami. Kegiatan edukasi pun dilaksanakan di halaman kantor camat Sungai Rotan Rabu 26 Juni 2024. 

Edukasi ini bertujuan untuk memperkenalkan profesi dan tugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kepada anak-anak sejak dini. 

Sangat bersemangat dan riang bermain  air bersama anak didiknya, yang di semprotkan dari mobil Damkar juga mendengarkan paparan yang di sampaikan oleh pihak damkar Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. 

Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan kecamatan sungai rotan Kabupaten Muara Enim.Dendy Wiratama  mewakili Kepala Dinas Damkar Kabupaten Muara Enim, dalam kesempatan itu menjelaskan mengenai tugas dan tanggung jawab dari Dinas Damkar dan Penyelamatan.

"Dalam edukasi itu Deni Wiratama juga memperkenalkan seluruh peralatan yang digunakan petugas Damkar dan Penyelamatan dalam menjalankan tugas. Mulai dari alat untuk memadamkan kebakaran hingga alat-alat penyelamatan non kebakaran.

Petugas pemadam ini selain melakukan penanggulangan kebakaran penyelamatan . Juga memperkenalkan bermacam peralatan,ada yang namanya Alat Pelindung Diri  yang dipakai oleh petugas saat memadamkan api, pakaian evakuasi lebah, ada juga alat untuk menangkap ular," dijelaskan Deni.

Deni menambahkan, tujuan kunjungan itu untuk mengenalkan profesi Petugas Damkar dan bahaya kebakaran terhadap anak-anak sejak dini. Yang mana, kebakaran itu sendiri dapat diakibatkan oleh hal-hal kecil dari kelalaian manusia.

Sementara itu Sekretaris Camat Sungai rotan, Mardiansyah, S, Sos M.Si menyampaikan salah satu tugas pokok dari Dinas Damkar dan Penyelamatan adalah membantu menyelamatkan orang maupun barang ketika terjadi musibah kebakaran.

"Jika terjadi kebakaran, langsung menghubungi petugas kebakaran. Caranya dengan menelepon Call Center Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan . Siaga 24 jam tegas Sekcam.

Putri Aulia  selaku Kepala KB Az-zahra, menyampaikan, bahwa kunjungan ke Dinas Damkar dan Penyelamatan tersebut telah menjadi program tahunan.

“Kami membawa sejumlah anak anak TK. Kami memperkenalkan kepada anak anak bahwa profesi atau pekerjaan itu salah satunya adalah petugas Damkar dan Penyelamatan,” katanya.

Biar mereka anak anak tahu sejak usia dini. Harus berhati hati ketika ada korek api, dari hal kecil saja bisa menyebabkan kebakaran,” Tegas Putri Auli

Liputan *Umar Dani