Dana BOS 2023 - 2024 SMP N 5 Sungai Rotan diduga tidak berjalan ' Kepsek Batah Isu tersebut

MUARA ENIM - Penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMP Negeri 5 Sungai Rotan,  diduga tidak transparan. Sehingga disinyalir oknum Kepala sekolah tidak transparan dalam pengelolaan dana BOS. 15/6/2024.

Hal ini bertolak belakang dengan apa yang telah diamanah dalam UU No 14 tahun 2008 tentang informasi keterbukaan publik. Baik kepada dewan guru maupun komite sekolah.

Hal ini berdasarkan informasi yang dihimpun Sultanmuda TV  pada Jumat (14/6/2024) dari beberapa sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, bahwa selama ini pengelolaan dana Bos di sekolah tersebut diduga tidak transparan. 

Penyebabnya adalah rendahnya transparansi dan akuntabilitas, serta kebijakan dana Bos yang tidak sesuai dengan peruntukan. Adapun tudingan terhadap penggunaan dana Bos tersebut, seperti dana kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler, pemeliharaan sarana dan prasarana Sekolah. 

Masih kata sumber media ini, kemudian dugaan penyimpangan pengelolaan keuangan yang lain yaitu,  biaya alat tulis kantor (ATK) dan biaya foto copy kebutuhan sekolah, biaya belanja untuk perpustakaan sekolah seperti pembelian buku paket dan kegiatan yang lain. 

Sehingga disinyalir ada dugaan dokumen SPJ BOS tersebut ada yang berbeda seperti Kwitansi pengeluaran belanja sekolah. Dengan demikian atas indikasi tersebut diduga ada potensi kerugian negara. Sesuai dengan amanah UU No 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan tindak pidana korupsi,"Ujarnya.

Terkait adanya dugaan penyimpanan terhadap penggunaan dana BOS Kepsek SMP Negeri 5 Sungai Rotan, Tanzil, S.Pd, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp Sabtu (15/6 /2024) memberikan keterangan,  untuk tahun 2023 sudah terealisasi karana Anggaran Bos itu pertahun sementara  untuk tahun 2024 di mulai dari Januari sampai dengan Desember 2024.

"Insya Allah kegitan itu.sudah kami.jalankan dan laksanakan dan buku paket di anggarkan pada semester.depan pak, trims atas perhatiannyo. Balas Kepseknya.

Melalui sambungan telepon WhatsApp bendahara SMP Negeri 5 Sungai Rotan mengatakan kepada media ini semuanya sudah berjalan bahkan ATK Rapot pun sudah siap print, untuk pemeliharaan sekolah juga berjalan dengan baik dan rapi ujarnya lewat sambungan telepon.

*(Red)