CAMAT SUNGAI ROTAN CHANDRA FIRMANSAH,S.E. M.Si HADIRI LANGSUNG PEMBAGIAN BLT DD DI DESA SUKARAMI

 

MUARA ENIM  - Camat Sungai Rotan Chandra Firmansyah, S.E. M.Si. hadiri Langsung Pembagian BLT DD di kantor desa Sukarami,Hal tersebut dilakukan beliau selain dari menjalankan tugasnya, juga sekaligus  memperkenalkan diri kepada masyarakat, juga kepada pemerintah desa Sukarami.

Sebanyak 73 Penerima Manafaat (KPM) sudah tersalurkan BLT DD tahap dua, untuk bulan April, Mei, Juni, tahun anggaran 2024. Bertempat di kantor kepala Desa Suka Rami Jum'at 14/06/2024.

Chandra Firmansah,S.E.M.Si. dalam paparannya menyampaikan kepada seluruh Penerima manafaat (KPM), Kami harapkan kepada Mamang bibik  uak penerima BLT DD ini agar di pergunakan uang ini sebaik mungkin. utamanya untuk kebutuhan pokok.


Sementara itu di tempat yang sama, kepala Desa  Sukarami Herman S,P., M.P. mengatakan Pemerintah Desa menganggarkan dan melaksanakan kegiatan prioritas yang bersumber dari Dana Desa, salah satunya yakni tentang program pemulihan ekonomi, berupa perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan ekstrem dalam bentuk BLT Desa.


Adapun besaran yang dianggarkan paling sedikit 10% dan paling banyak 25% dari anggaran Dana Desa, Alhamdulilah kita sudah anggarkan Maksimal Sebanyak 25%,"Tutur Kades.

"Dengan kriteria KPM BLT DD sesuai aturan yakni, keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga 1 data sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, terangnya.

Untuk kriteria penerimaan BLT DD yakni pertama kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis atau difabel, keluarga yang tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

“Oleh karena itu bila setelah ditetapkan kepala desa terdapat perubahan keluarga atau penambahan jumlah  KPM BLT DD, Kepala Desa menetapkan keputusan kepala Desa, setelah dilaksanakannya musyawarah Desa khusus,”Ungkapnya.

*(Umar Dani)