Babinsa Koramil 404-03/Talang Ubi menghadiri pelatihan peternak ayam

Sultanmudatv.com / PALI.
Ayam potong atau pedaging (broiler) merupakan salah satu ayam ras yang mampu tumbuh pesat, sehingga menghasilkan daging dalam tempo waktu yang tidak terlalu lama (5-7 minggu). Saat ini usaha ternak ayam potong bisa dibilang cukup mudah, bahkan didukung penuh oleh para pemilik atau pedagang besar (supplier DOC) yang mau menyuplai semua kebutuhan mulai dari DOC (anak ayam sehari), pakan ternak dan vitamin tambahan.Sertu Pebrianto Babisa desa Suka Damai kec Talang Ubi ikut menghadiri pembukaan pelatihan Peternak Ayam potong di Desa Sukadamai Jumat (6/08/2022)

Dalam hal ini Ibu Ratna sebagai Dinas PMK kab.Pali mengatakan " untuk mengelola ayam ternak Skema yang tawarkan biasanya 50%:50% dari keuntungan bersih,untuk hal Vitamin,Bibit Ayam Ternak serta Pakan Ayam akan di Suplai dan di siapkan dengan skema inilah biasanya peternak ayam potong hanya menyiapkan kandang beserta alat-alat untuk memelihara ayam potong. Dalam bakalan ayam potong yang berkualitas baik hendaklah memilih bakalan ayam yang belum diseleksi jenis kelaminnya (straight-run), dan untuk jenis rasnya pilihlah Plymouth Rock atau ayam pedaging komersial lainnya. Dalam imbuhnya peternak memilih atau membeli bakalan ayam dari perusahaan peternakan ayam hendaknya meminta untuk sekalian divaksinasi terhadap penyakit Marek, dan sebaiknya dilakukan segera setelah anak ayam ditetaskan agar sepanjang hidupnya tercegah dari serangan penyakit yang sangat mematikan.

Babinsa Sertu Pebrianto mengatakan Kegitan Pelatihan Kapisatas kelompok peternak Ayam potong sangat baik dan bermanfaat bagi warga Desa Suka Damai,agar warga dapat bekerja sebagai peternak ayam potong yang dapat menyuplai kebutuhan daging ayam khususnya di wilayah Kabupaten Pali.

Kegiatan ini Juga di hadiri oleh kades Desa Suka Damai bapak Rianto,Sekdes bapak Sanjaya,Babinkamtipmas Brigadir Hendra,Ketua LPMD bapak Yani Jamaludin,Pendamping Desa ketua BPD serta Bidan Desa dan di ikuti 53 orang Peserta pelatihan.
Kegitan ditutup dengan acara ramah tamah.BTs (2910).