Di Hadapan Anggota DPRD provinsi Masyarakat Menyampaikan keluhan tentang PT R6B" Acara Reses Tahap II

Sultanmudatv.com | Kecamatan Sungai Rotan. Bertepat di Aula Kantor Camat Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim hari ini Rabu 13 Juli 2022. Anggota DPRD Provinsi Sumsel periode 2019-2024 gelar Reses Tahap II Daerah Pemilihan VI, dalam giat reses tersebut menampung berbagai aspirasi masyarakat  khususnya desa-desa di Kecamatan Sungai Rotan, di acara tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, unsur Tripika Sungai Rotan, dan juga dihadiri langsung oleh Danramil 404-01 Gelumbang.


Dalam kesempatan Reses tersebut ketua BPD Suka dana yaitu Saudara Bedi Iskandar menyampaikan keluhan rekan-rekan BPD, bukan hanya BPD Sukadana melainkan seluruh keluhan BPD yang ada Zona III Kabupaten Muara Enim, di hadapan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Saudara Bedi Iskandar mengusulkan agar kiranya Jaminan Kesehatan untuk Ketua, dan Anggota BPD dianggarkan baik dari APBDes/APBD, ataupun dari dana-dana yang sah.

“Kami selama ini sebagai anggota BPD, tidak ada Jaminan Kesehatan, mohon agar kiranya Jaminan Kesehatan untuk Ketua, dan Anggota BPD diadakan, hal tersebut bukan karena kami tidak mampu berobat sendiri, tetapi setidaknya ada perhatian Pemerintah terhadap Legislatif Desa (BPD). Selain Jaminan Kesehatan BPD, Bedi Iskandar, Juga menyampaikan agar kiranya Tunjangan BPD dinaikan, dan juga jangan terlalu jauh selisih tunjangan antara Ketua dan Anggota.“ Ucapnya.

Bedi Iskandar juga menambahkan soal keluhan-keluhan Masyarakat Desa Sukadana, Terhadap PT. R6B, yang tidak berkonstribusi kepada masyarakat, apa lagi adanya keluhan masyarakat terkait lalu lalang mobil pengangkut Buah Sawit, dan Tongkos (tandan sawit sisa penggilingan) yang puluhan mobil melintas jalan Kabupaten tepatnya di desa Sukadana, Bedi Iskandar menambahkan agar kiranya DPRD Provinsi bisa menegur pihak PT. R6B, agar pihak perusahaan memikirkan keadaan masyarakat, setidaknya masyarakat jangan dijadikan penonton. Seperti halnya CSR agar direalisasikan/dijalankan, kalau ada kegiatan desa pihak PT. harus ikut berkonstribusi, jadi kehadiran PT. tersebut bisa di rasakan oleh masyarakat.“tandasnya.

Keluhan tersebut langsung di jawab, anggota Dprd provinsi (Asgianto, ST) dari partai Gerindra. Mengenai Persoalan keluhan Masyarakat terhadap aktivitas PT R6B, ada di wilayah kecamatan Sungai Rotan.

“Silakan buat surat laporan secara tertulis Bila mana terbukti benar adanya keluhan masyarakat tersebut saya akan menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat apa lagi perizinan perusahaan melalui saya dari manapun caranya saya akan berada di pihak masyarakat, kalau pihak Perusahaan tidak ada kontribusi terhadap masyarakat dan hal-hal yang menjadi kewajiban perusahaan terhadap masyarakat tidak di jalankan lebih baik tutup saja kalau hanya menguntungkan pihak perusahaan saja tidak menguntungkan masyarakat.“Ucapnya.

Liputan : Lea Candra