Harga minyak goreng diangka Eceran 14ribu rupiah per Liter, Sembawa Banyuasin

Banyuasin - sultanmudatv.com - Dawal februari 2022 Pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan baru terkait harga minyak goreng. Kebijakan ini tertuang pada penetapan harga eceran tertinggi (HET). Adapun ketetapan harga minyak goreng curah Rp. 11.500/liter, Minyak goreng kemasan sederhana Rp. 13.500/liter, dan minyak goreng kemasan premium tetap Rp. 14.000/liter. Namun dalam pantauan awak media di pasar tradisional maupun pasar modern wilayah Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin masih mengalami perbedaan harga, melebihi penetapan harga eceran tertinggi 14 ribu rupiah perliternya. Selasa 01 Maret 2022.

Menurut salah satu warga Pusri Indah, pada hari Minggu 27 Februari 2022 harga minyak goreng kemasan premium dijual dengan harga Rp. 15.000/liter di salah satu toko kawasan ini. Hal ini tentu telah melebihi ambang batas harga eceran tertinggi. Dalam pantauan hari ini, Selasa 01 Maret 2022 di salah satu toko modern, harga minyak goreng dijual sudah sesuai dengan kebijakan Pemerintah, dengan harga Rp. 28ribu/dua liter, atau Rp. 14ribu rupiah/liter.

Masyarakat berharap, salah satunya warga dari desa Lalang Sembawa dan pulau harapan " Minyak goreng agar selalu tersedia untuk masyarakat, apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan puasa, kebutuhan semakin bertambah harga dikhawatirkan semakin naik. Saat ini Harga minyak goreng berkisar antara 14ribu sampai dengan 18 ribu perliternya". Yang paling terasa akan dampak sulitnya dan tingginya harga Minyak goreng adalah para pelaku Usaha kecil menengah seperti penjual gorengan dan pecel lele serta ibu ibu rumah tangga", jelasnya. Kepada para pedagang masyarakat sangat berharap agar harga eceran minyak goreng dapat dijual dengan harga yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. 

Salah satu pengusaha minimarket MM69 Sembawa, Adi menjelaskan bahwa "Harga minyak goreng kemasan di jual sesuai dengan HET yang telah ditetapkan Pemerintah, sebesar 14 ribu rupiah/liter. Tidak ada syarat apapun, Selagi kebutuhan dan ketersediaan stok masih ada, akan kita layani semaksimal mungkin, namun pembeli minyak goreng ditempat kami tetap dibatasi satu orang satu pcs, Selagi stok ada akan tetap dilayani dan bisa dilihat pembeli yang hanya membeli minyak goreng saja juga tetap kita layani", Tutupnya.
Reporter :Jimmy
Editor      : Lea Candra