Bimbingan Manasik Haji Mandiri Sepanjang Tahun Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim

Muara Enim - sultanmudatv.com - Bertempat di aula kantor kementerian agama kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan , Telah dilaksanakan giat bimbingan manasik haji mandiri sepanjang tahun , Dengan mengusung tema " Pelatihan bimbingan manasik haji mandiri kita wujudkan kemandirian calon jemaah haji menuju haji yang mabrur ". ( Muara Enim 23/2/2022 )

" Pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini tentunya berbeda dengan tahun sebelumnya , Dimana pada 2019 lalu , Satu kloter dengan pesawat terbang berkapasitas 450 penumpang calon jemaah haji dengan didampingi oleh 5 petugas pendamping , Namun pada tahun ini , Mengingat skema penanganan pandemi covid 19 , menjadi 350 penumpang calon jemaah haji untuk satu zona penerbangan , " Jelas HM Farizal Akmal , SPdI , MM , Disaat tutorial kegiatan tersebut. 

Untuk prosedur karantina , Teknis yang sudah diatur menjelang keberangkatan dari wilayah karantina , Jakarta .

" Teknisnya sudah diatur sebelum keberangkatan , Baik dari karantina Jakarta , Maupun oleh pihak Karantina Medinah . Untuk jemaah yang berasal dari Asia , Mengingat perbedaan fisik , Tentunya berbeda dengan jemaah haji dari Timur Tengah dan Afrika " Jelasnya .

" Alhamdulillah , Agar kiranya jemaah calon haji kabupaten Muara Enim , Agar dalam kondisi Istithaah , Siap secara fisik , mental dan pembekalan , Termasuk Istithaah dalam kesehatan , Dimana menyiapkan fisik dan mental dalam kondisi prima " Ungkap Kepala kantor kementerian agama kabupaten Muara Enim , Drs. H Azhari Rahardi , MSi , Ketika memberikan arahan dalam kegiatan tersebut .

Dihimbau olehnya , Agar para jemaah calon haji mempersiapkan segala sesuatu 4 bulan sebelum rencana keberangkatan pada musim haji tahun ini .Guna kehusyukan dalam menjalankan ibadah memenuhi panggilan Allah Taala , Jaga kesehatan jasmani dan rohani , Dan juga memperbanyak belajar tentang materi rangkaian pelaksanaan ibadah haji .Sehingga dapat tercapai kesempurnaan dalam pelaksanaan ibadah haji .

" Meskipun secara resmi , Pemerintah Indonesia belum menerima izin pemberangkatan dari pemerintah Arab Saudi , Namun persiapan secara umum tetap kita laksanakan , Dengan tujuan mematangkan persiapan keberangkatan calon haji Indonesia asal kabupaten muara Enim , " Pungkasnya .

Turut hadir dalam kegiatan tersebut , Kasub Bag TU Kemenag , H Solihan , SAg , Kasi Haji Kemenag , Yanimansyah , SH , Kasi Penmad , H Farizal Akmal SPdI MM , Serta jemaah calon haji asal kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan .
Reporter (Umar Dani)
Editor (Lea Candra)