MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN DI KECAMATAN SUNGAI ROTAN KAB, MUARA ENIM SUMATERA SELATAN

sultanmudatv.com | Sungai Rotan
Refleksi musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kecamatan peran Setrategis menuju pembangunan Kabupaten muara Enim Sumatera Selatan

Muara Enim, Bertempat di balai kantor  kecamatan sungai rotan kabupaten muara Enim Sumatera Selatan
Terpantau pada situasi Musrenbang tersebut Pembahasan Usulan  yang akan di realisasikan  serta Pembahasan Usulan yang prioritas berdasarkan skala kebutuhan  ( Selasa , 18/1/2022)

Turut hadir dalam Musyawarah tersebut segenap instansi terkait sejumlah kepala Desa yang ada di kecamatan Sungai Rotan , Juga ketua BPD dari 19 desa yang ada di kec sungai rotan dan juga anggota DPRD kabupaten muara Enim, H Rani kodim SH, Ponirah SH, Mukarto SH, Hadiono SH,dan juga di hadiri oleh Kapolsek sungai rotan dan juga danramil 404-01/Gelumbang,
kepala Desa dan ketua BPD ibu ibu PKK dari 19 Desa di kec sungai rotan serta tokoh masyarakat juga  awak media .

 Ruslan selaku kasi Perencanaan pembangunan Desa pada dinas PMD kabupaten Muara Enim ,  Menyampaikan Bahwa untuk membangun kantor desa, desa tersebut harus sudah ada tanah nya yang sudah  di lengkapi surat dan administrasi nya  .

" Karena kami tidak mau membangun kantor desa di atas tanah pribadi dan juga untuk pembangunan kantor desa Penandingan itu di batalkan karena kita harus mendahulukan desa yang belum ada kantornya .Dalam hal ini kita pindahkan ke desa Petar dalam karena desa Petar dalam belum punya kantor desa, Jadi kita prioritaskan desa yang belum ada kantornya karena ini merupakan sarana dan prasarana untuk mengoptimalkan  pelayanan masyarakat " Sebutnya .


Sama halnya dengan dinas PMD , Diskominfo kabupaten Muara Enim juga menyoal  jaringan Internet yang saat ini masih banyak kekurangan di sana sini mungkin juga harus menambah tower terutama di desa Paya Angus ini .

" Jaringannya sangat buruk bahkan bisa di katakan tidak ada sinyal jangankan untuk internet untuk menelpon saja susah "   Sebut seorang masyarakat yang ikut musyawarah saat itu , menanggapi paparan dari Diskominfo tersebut .


Sementara itu  , Anggota DPRD kabupaten muara Enim bapak H, Rani kodim SH menyampaikan " Menggaris bawahi tentang apa apa yang sudah di sampaikan oleh masing-masing instansi agar seluruh apa yang sudah di sampaikan agar segara di realisasikan jangan cuma janji " Sebut H Rani Kodim ,  Yang di sambut tawa para peserta Musyawarah.


Disampaikan juga olehnya ,  PT R6B , Salah satu perkebunan sawit yang ada di kecamatan Sungai Rotan Agar ikut berperan serta di dalam pembangunan di desa desa yang ada di sekitar perusahaan tersebut,dan melaksanakan kewajibannya sebagai perusahaan sesuai  undang undang perseroan terbatas , Karena ini adalah kewajiban bagi setiap perusahaan mengingat ini adalah komitmen perusahaan dengan negara,


Sedang  Mukarto SH menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh kepala desa yang baru menjabat dan juga menyampaikan agar kades kades membuat proposalbdan utusan desa .

"Silakan Disampaikan kepada kami , Boleh ke bapak Sudiono boleh dengan pak Rani kodim boleh juga dengan ibu Ponirah , Sehingga kami lebih mudah mengingat dan juga menindak lanjuti,karna kalau harus di sampaikan saat ini dari setiap desa mungkin waktu tidak cukup untuk itu " Jelasnya.



" Pada pengerjaan  Pekerjaan Umum  kabupaten Muara Enim , Agar jembatan desa Danau baru danau tampang tahun 2023 harus selesai tidak ada tawar menawar lagi karena ini uang negara juga berarti uang rakyat " Sebutnya , Yang di sambut tepuk tangan oleh peserta musyawarah .


Diakhir paparan tersebut , Mukarto SH menyampaikan agar pelaksanaan pelebaran jalan dari desa Sukarami ke desa Penandingan agar segera di realisasikan karena jalan ini sangat sempit sehingga untuk perlintasan  sesama yang sangat sulit . Dan mengkomunikasikan akses pelebaran jalan sebagai salah satu harapan masyarakat .
Rilis    : Umar Dani.
Editor : Lea Candra.