Peran serta Polsek sungsang dalam kegiatan Pembangunan Desa

SULTANMUDATV.COM | BANYUASIN.
Gotong royong adalah budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dan merupakan ciri khas bangsa timur. Hal ini juga dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian Polsek sungsang kepada masyarakat dalam rangka perbaikan jalan desa disekitar Mapolsek. Kegiatan ini sudah beberapa bulan ini dilaksanakan oleh anggota Polsek Sungsang bersama sama masyarakat. Senin, 24 Mei 2021.

Kapolsek Sungsang IPTU BAMBANG WIYONO, SH beserta jajaranya membantu warga memperbaiki jalan sungsang kec Banyuasin ll kab.Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. beliau menjelaskan kepada awak media " Kegiatan tersebut sudah lama dilakukan, apabila ada jalan yang rusak disekitar Mapolsek, kami bersama anggota dan masyarakat inisiatif melaksanakan kegiatan gotong royong bersama masyarakat.

Kegiatan perbaikan jalan yang mengalami kerusakan dan berlubang segera ditampal agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah sehingga dampak yang ditimbulkan oleh kerusakan jalan seperti kecelakaan dapat diminimalisir. Memang sudah ada kegiatan perbaikan jalan yang telah dianggarkan oleh pemerintah desa, namun ini dilakukan karna adanya perhatian dari swadaya masyarakat sekitar dan tentu pihak Polsek memberikan support.

IPTU Bambang Wiyono, SH bersama anggota dan masarakat sangat akrab dan bersemangat melaksanakan kegiatan gotong royong ini. 

Kegiatan ini tidak dijadwalkan, namun saat kita melihat ada jalan yang rusak langsung kita perbaiki bersama masyarakat. Secara spontan masyarakat sekitar yang melihat langsung menghampiri untuk membantu memperbaiki jalan yang rusak tersebut.


“Sebagai angota Polri tugas kita tidak hanya membina warga Desa ataupun membantu menyelesaikan masalah di tengah tengah masyarakat, melainkan apabila di desa sedang ada gotong royong baik membersihkan desa atau perbaikan jalan seperti ini, kita support dan turun langsung ke lapangan membantu warga desa binaan kita,” terangnya.

“Jalan yang berlubang dan rusak dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, oleh karena itu demi keamanan dan keselamatan para pengendara kami berupaya untuk membantu memperbaiki jalan yang rusak tersebut sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap penguna jalan.

Ia menambahkan selain kegiatan gotong royong, petugas kami juga melaksanakan kegiatan Kampung tangkal covid, apabila ada masyarakat yang terjangkit covid 19 petugas dengan sigap akan memberikan bantuan sayur mayur dan lauk pauk kepada masyarakat yang ada di wilayah hukum Polsek Sungsang. Namun Alhamdulillah kondisi dan situasi di wilayah kecamatan Banyuasin II dalam situasi zona hijau. Harapannya semoga masyarakat tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan sehingga Banyuasin II dapat berada dalan situasi zona hijau. Tutupnya semoga kehadiran Bhabinkamtibmas bersama Babinsa di setiap kegiatan yang ada di desa, menjadikan hubungan Polri dengan masyarakat menjadi lebih dekat di hati masyarakat.


Laporan | Jimmy.

Editor | Lea Candra.